Unik, Vaksinasi COVID-19 Digelar di Taman Slamet

  • Whatsapp
Vaksinasi COVID-19 di Kota Malang dilakukan di ruang terbuka Taman Slamet, Kecamatan Klojen, Kota Malang, pada Selasa (8/6/2021). Foto: Ulul Azmy

Tugumalang.id – Inovasi unik dalam pelayanan vaksinasi COVID-19 muncul dari Kota Malang. Umumnya, vaksinasi dilakukan di fasyankes mulai Puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Namun, kali ini berbeda karena dilakukan di taman kota.

Vaksinasi yang dilakukan di ruang publik terbuka ini dilakukan oleh RS Puri Galeri Bersalin. Persisnya digelar di Taman Slamet, Kecamatan Klojen, Kota Malang, pada Selasa (8/6/2021). Menyasar sekitar 100 warga Jalan Ngantang, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Mengapa dilakukan di taman? Tenaga vaksinator RS Puri Galeri Bersalin, Nadia Noor, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencegah adanya kerumunan dimana disitu rawan terjadi penularan virus.

”Kalau di dalam ruangankan pasti berkerumun ya, sulit untuk menjaga jarak. Lalu ada ide kami untuk melakukan vaksinasi di ruang terbuka,” jelasnya.

Vaksinasi di taman ini sudah dilakukan sejak sekitar 2 bulan yang lalu. Digelar setiap 2 kali dalam sepekan di hari Selasa dan Kamis. Kuotanya 100 orang per hari.

“Intinya selain protokol kesehatan kami terapkan ketat, juga untuk memberikan nuansa berbeda. Sehingga orang-orang lebih nyaman dan tidak takut,” jelasnya.

Faktor kenyamanan inipun diakui salah satu warga penerima vaksin, Elnike Cristina Sutrisno. Menurut dia, vaksinasi yang dilakukan di taman ini rasanya lebih rileks. ”Kalau di rumah sakit atau di ruangan tertutupkan beda ya. Ini saya lebih rileks,” katanya.

Meski diadakan di ruang terbuka, mekanisme vaksinasi ini tetap berjalan sesuai aturan Kemenkes. Mulai tahapan pendaftaran, skrining, vaksinasi, hingga observasi. Bedanya, warga harus mendaftar terlebih dahulu lewat nomor Whatsapp resmi RS Puri Galeri Bersalin.

Reporter: Ulul Azmy

Editor: Lizya Kristanti

Baca Juga  Stok Vaksin Sinovac Mulai Menipis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *