Tugumalang.id – Perjalanan panjang saat mudik lebaran membuat mesin atau komponen mobil bekerja ekstra keras. Terlebih jika medan jalan yang dilalui membutuhkan ekstra tenaga karena memang tak biasa dilalui mobil anda sehari-hari.
Berikut tips untuk menjaga performa mesin mobil tetap stabil usai mudik lebaran ke kampung halaman:
Pertama, anda perlu memeriksa kondisi oli mesin baik kualitas maupun kuantitasnya. Sebab, oli mesin telah bekerja lebih keras dengan suhu yang lebih tinggi dari hari-hari biasanya.
Disarankan, oli juga segera diganti usai mesin bekerja dengan putaran tinggi dalam jangka waktu yang panjang sehingga dimungkinkan oli telah terkontaminasi dengan karbon atau zat lain dari sisa pembakaran mesin.
Selain itu, anda juga perlu memeriksa komponen-komponen mobil lainnya mulai pemeriksaan filter udara, busi, hingga filter bahan bakar agar lebih steril dari debu atau kotoran yang menempel.
Jangan lupa juga untuk memeriksa air radiator karena biasanya air radiator akan berkurang setelah mesin bekerja lebih keras.
Kemudian komponen roda mobil mulai dari bearing, joint, dan ban juga harus dicek karena berbagai medan dan kondisi jalan yang dilalui dalam perjalanan mudik memungkinkan adanya keausan tidak rata maupun ketahanan ban itu sendiri.
Lalu, periksa rem dan minyak rem karena perjalanan jauh dengan berbagi medan yang dilalui mulai kemacetan, tanjakan, hingga turunan dimungkinkan akan terjadi penurunan performa rem.
Terakhir, periksa kopling bagi mobil manual. Sama halnya dengan rem, kopling juga akan turun performanya jika mobil telah dioperasikan ekstra keras.
Koordinator Service Toyota Kartika Sari Malang, Gina Alfian Amalia mengatakan bahwa saat ini memang banyak pelanggannya yang melakukan servis mobil berkala usai libur lebaran 2022 ini.
“Biasanya mereka servis mesin turn up, rem, pemeriksaan sistem kelistrikan, acu, sasis, radiator, kampas kopling, hingga ketahanan ban,” ucapnya.
Kepala bengkel Toyota Kartika Sari Malang, Deny Kristiono mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada peningkatan pelanggannya yang melakukan servis mobil sejak menjelang lebaran atau April 2022.
“Kalau peningkatan yang melakukan servis sebenarnya sudah sejak jelang lebaran, tepatnya April 2022. Itu ada peningkatan sekitar 30 persen. Kalau pasca lebaran kami belum update datanya,” jelasnya.
Sales Manager Toyota Kartika Sari Malang, Handoko Tri Wicahyo menambahkan bahwa pihaknya telah menerapkan booking online untuk pelanggan yang hendak melakukan servis mobil. Hal ini tentu untuk mengantisipasi antrian panjang di showroom.
Namun, Toyota Kartika Sari juga menyediakan fasilitas kafe agar pelanggan tak jenuh kala menanti mobilnya diservis. Selain itu, juga ada live musik yang tentunya akan semakin membuat pelanggan terhibur.
“Pengerjaan servis itukan bisa sampai satu jam. Jadi mereka booking dulu cuma menunggu waktu diservis. Bookingnya melalui pesan WhatsApp,” ucapnya.
Dia juga mengungkapkan bahwa Toyota Kartika Sari Malang baru-baru ini telah mendapat kunjungan dari Marketing Director dari Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandi dan Fumitaka Kawashima.
Disebutkan, performa dealer dan bengkel yang baik ternyata mampu menarik perhatian mereka hingga rela jauh-jauh dari Jepang untuk datang ke Malang.
“Kami sempat memberikan cindera mata berupa kaos Arema. Tak disangka respon dari dua bos TAM ini langsung mengenakan hadiah saat itu juga. Tentunya kami bangga sekali melihat apresiasi mereka. Kunjungan yang singkat namun memberi dampak positif yang luar biasa. Kami sangat berterima kasih telah jauh-jauh berkunjung ke bumi Arema,” ucapnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Lizya Kristanti
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id