Tetap Berprestasi saat Pandemi, Pelajar MTsN 2 Malang Koleksi Juara Lomba

  • Whatsapp
Mayda Syauqi Azhari (tengah) menerima piagam juara. Foto: dok

Tugumalang.id – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Malang mampu menjaga motivasi berprestasi siswa-siswinya. Meski banyak meliburkan kegiatan pembelajaran akibat situasi pandemi, sejumlah kejuaraan dan lomba berhasil dimenangkan dengan hasil membanggakan.

Prestasi juara ini didapatkan dari ajang lomba akademik maupun non-akademik. Beberapa pelajar terbaik MTsN 2 Malang yang berlokasi di Turen Kabupaten Malang ini, terbukti mampu bersaing dalam kompetisi lomba hingga tingkat nasional.

Bacaan Lainnya

Dari kompetisi akademik misalnya, juara 1 berhasil diraih dari ajang Liga Olimpiade Pelajar Indonesia, pada 16 Februari 2021 lalu. Prestasi ini diraih oleh Mayda Syauqi Azhari, dengan penghargaan medali emas untuk bidang studi IPA.

Tim sepakbola MTsN 2 meraih juara. Foto: dok

Sejumlah 40 soal olimpiade harus dihadapinya dan dikerjakan secara virtual dengan aplikasi Zoom. Setiap peserta, memiliki akses login CBT (computer based test) untuk bisa menyelesaikan soal-soal secara online. “Saya kerjakan langsung dengan terpantau aplikasi zoom. Paling banyak berisi soal mapel biologi,” kata Mayda, di MTsN 2, kemarin.

Karena tidak ada pembelajaran di madrasah, maka dia lebih memanfaatkan waktu yang kebetulan ada di sela kegiatan lain. Kebetulan, Mayda Syauqi ikut bimbingan qiro’ati. Jadi, usai kegiatan ini sebisa mungkin dimanfaatkan untuk menemui guru pembimbing olimpiade.

Beruntung, siswi kelas 8-A ini punya kesiapan belajar soal-soal olimpiade selama beberapa waktu sebelumnya. Sebagai siswa kelas unggulan, banyak kompetisi olimpiade mapel yang coba diikutinya.

Juara MTQ Putra dan Singer Putra. Foto: dok

Dari ajang olimpiade yang sudah pernah diikuti sebelumnya, dia sudah dua medali perunggu.

“Di kelas unggulan ini, kami juga sudah terbiasa menghadapi soal-soal sulit. Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Materi) di kelas kami memang lebih tinggi, di atas KKM madrasah (75). Ya, ditentukan 80 bahkan ada mapel yang KKM-nya 85,” jelasnya.

Baca Juga  PPKM Mikro Tahap 3, Pemkot Malang Lakukan Simulasi Sekolah Tatap Muka

Sementara itu, pelajar MTsN 2 Malang juga tetap dikenal keunggulan programnya dalam qiro’ati dan baca-tulis Al-Qur’an. Setidaknya, ini ditunjukkan dengan berhasil menjuarai lomba musabaqah tilawatil qur’an (MTQ). Masing-masing juara 1 sempat diraih di lomba MTQ tingkat Malang Raya dan tingkat Jawa Timur.

Mayda Syauqi Azhari (tengah) menerima piagam juara. Foto: dok

Salah satunya, juara 1 MTQ tingkat Jatim yang digelar di SMAN 1 Sooko Mojokerto, yang diraih Ahmad Irhamul Faizin.

Belajar di lingkungan madrasah, juga tak lantas kurang terwadahi bakat dan potensi siswa lainnya. MTsN 2 Malang juga cukup bisa dibanggakan dari prestasi bidang keolahragaan. Yakni, mempunyai tim sepak bola bagus dan kerap menjuarai beberapa kali kompetisi kelompok pelajar.

Diantaranya, menjuarai Kompetesi U-14 yang digelar anggota ASKAB PSSI Kabupaten Malang, dan juga juara 1 Turnamen BLISPI KU-13 Korda Malang tahun 2021.

Waka Humas MTsN 2 Malang, Suproyono, mengungkapkan bahwa berbagai prestasi tersebut diraih ketika masih pandemi, selama Januari-April 2021 ini.

“Kami memang punya beberapa program unggulan untuk melayani bakat dan kemampuan siswa. Yakni, kelas unggulan (olimpiade), bimbingan qiro’ati, dan kelas keberbakatan olahraga,” jelasnya.(ads)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *