Strategi Agro Tawon Wisata Petik Madu Hadapi Pandemi

  • Whatsapp
Arena bermain di kawasan Wisata Petik Madu.

MALANG – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai ini sangat berdampak pada sektor pariwisata. Khususnya dunia pariwitasat di Kabupaten Malang.

Salah satu usaha sektor pariwisata yang juga terkena dampaknya adalah Agro Tawon Wisata Petik Madu, yang terletak di Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang.

Bacaan Lainnya

Bank BNI

Sejak munculnya pandemi Covid-19, pelan-pelan namun pasti mulai merasakan  sepinya pengunjung hingga penjualan madu.

“Selama pandemi penjualan madu menurun. Demikian pula kunjungan wisatawan kemari menurun drastis,” kata Supervisor Agro Tawon Wisata Petik Madu, Rini Windi, pada reporter tugumalang.id  belum lama ini. .

Menurut perempuan berhijab ini, selama masa pandemi penurunan pengunjung mencapai 50 persen. Padahal, kehadiran pengunjung tersebut mendongkrak penjualan madu dan makanan olahannya yang di jual di outlet-outlet Agro Tawon Wisata Petik Madu di Jalan Doktor Wahidin Nomor 8, Kalirejo, Lawang ini.

“Untuk penurunan wisatawan secara garis besar mencapai 50 persen. Padahal, sebelum pandemi pengunjung bisa sampai 10 bus setiap harinya,” jelasnya.

Untuk menyiasati penurunan penjualan di outlet-outlet Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang tersebut. Pengelola memaksimalkan penjualan madu sampai alat-alat ternak madu melalui online.

Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang biasanya berjuang lewat Instagram hingga aplikasi jual beli online.

“Yang naik saat ini justru penjualan online, jadi penjualan saat ini kebanyakan online saja,” ungkapnya.

Sementara untuk edukasi cara beternak lebah, kini lebih banyak via zoom meeting.

 

”Sebelum pandemi, mereka yang ingin belajar berternak madu, langsung datang kemari,” katanya.

Rini juga menegaskan meski edukasi beternak lebah madu via zoom meeting, Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang tetap menggratiskan edukasi tersebut.

Baca Juga  Menilik Toleransi Beragama di Situs Purbakala Candi Sumberawan

“Untuk zoom meeting itu masih kami free-kan. Karena wisatawan yang datang ke sini langsung biasanya juga tanpa kami pungut biaya,” tegasnya.

Terakhir, ia menjelaskan jika ada warga Kabupaten Malang atau luar Malang ingin mendapatkan edukasi beternak lebah lewat zoom meeting, busa langsung berkoordinasi dengannya.

“Kalau ada yang ingin booking edukasi via zoom bisa langsung menghubungi saya atau via DM Instagram Wisata Petik Madu Lawang,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *