Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 Buka Pendaftaran Santri Baru

  • Whatsapp
Pondok Modern Al-Rifa'ie 2. Foto: dok

Tugumalang.id – Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 merupakan salah satu pondok pesantren modern di Malang yang menggunakan metode pendidikan dengan sistem merger pendidikan formal dan diniyah.

Hal ini disampaikan langsung oleh pengasuh Pondok Modern Al-Rifa’ie 2, Dr KH A Muflih Zamachsyari SE MM, bahwa pondok memberikan pendidikan sesuai dengan porsi pendidikan formal dan kediniyahan dengan membudayakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar aktifitas keseharian.

Bacaan Lainnya

Dia menjelaskan, mata pelajaran umum di Pondok Modern Al Rifa’ie 2 mengacu pada standar kompetensi yang telah ditetapkan Kemendikbud dan kurikulum internal Madrasah Diniyah Al-Rifa’ie 2, penguasaan Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris dengan target.

Pengasuh Yayasan Pondok Modern Putra-Putri Al Rifa’ie 2, Dr KH A Muflih Zamachsyari. Foto: dok

Adapun pendidikan formal diantaranya PAUD Modern Al-Rifa’ie 2, SD Modern Al-Rifa’ie 2, SMP Modern Al-Rifa’ie 2, MTs Modern Al-Rifa’ie, SMA Modern Al-Rifa’ie 2, SMK Modern Al-Rifa’ie 2, STIE Al-Rifa’ie Malang.

Sedangkan untuk pendidikan non formal ada Madrasah Diniyah, Tahfidzil Qur’an, dan Takhassus Pendalaman Kitab Kuning.

“Mempunyai kompetensi hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tematis, mewujudkan hafidul Qur’an dengan waktu yang relatif singkat dan mencetak santri yang ilmiyah amaliah dan berakhlaqul karimah,” ujarnya.

Dia menyebutkan, hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tematis masing-masing berjumlah 40 ayat atau hadist dalam 1 tahun.

“Madrasah Murottilil Qur’an Al-Rifa’ie adalah salah satu unit pendidikan di Pondok Modern Al-Rifa’ie yang bergerak dan menangani pembelajaran Al-Qur’an adapun metode yang kita gunakan adalah metode khusus lingkungan Al-Rifa’ie,” ujarnya.

Dia menambahkan, di dalam Pondok Al-Rifa’ie juga terdapat ekstrakurikuler seperti penguasaan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Diskusi, Khitobah Pidato, Conversation English, Muhadatsah Arabiah, Qiro’ah, Kesenian Hadrah Saman, dan Pembinaan Redaksi Majalah Prima Al-Rifa’ie.

Baca Juga  PWNU Jatim Siap Gratiskan Biaya Pondok Pesantren bagi 53 Anak Prajurit KRI Nanggala

“Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 dikelola oleh profesional muda berkompeten di bidangnya. Oleh sebab itu, pendidikan di Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 tampil dengan nuansa baru yang lebih realistis dan rasional dengan program yang terukur dan terencana,” ujarnya.

Dia menambahkan, Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 juga didukung oleh sarana prasarana belajar yang representatif dengan lingkungan yang asri, sejuk, kondusif, serta aman.

Fasilitas di sana terdiri dari satu komplek asrama putri 2 lantai dimana masing-masing lantai terdiri dari 20 kamar dengan kapasitas 12 santri per kamar dan dilengkapi dengan kamar mandi.

Di Gedung SMP Modern Al-Rifa’ie dan SMK Modern Al-Rifa’ie, masing-masing terdiri dari perkantoran, ruang belajar, perpustakaan, laboratorium multimedia, laboratorium farmasi, laboratorium keperawatan, dan lain-lain.

Juga terdapat sarana umum yaitu minimarket, ruang makan, kantin, gedung pertemuan, taman, dan sarana olah raga yaitu lapangan sepak bola, basket, voli, dan badminton. Juga ada sarana berlatih kewirausahaan, agrobisnis, dan peternakan.

Pondok modern yang berlokasi di Jalan Raya Ketawang No 2, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang ini, rencananya akan membuka pendaftaran bagi santri baru tahun ajaran 2021/2022 mulai tanggal 30 Juni 2021.

“Untuk pendaftaran bisa melalui online melalui website pmalrifaie2.com atau bisa juga mengunjungi akun instagram kami dengan alamat alrifaie2 dan facebook alrifaie II. Bagi orang tua calon santri baru juga bisa menghubungi nomer 0341 876388/8571607,” jelasnya.(ads)

Reporter: Rezza Doa

Editor: Lizya Kristanti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *