Tugumalang.id – Perum Jasa Tirta I (PJT I) kembali menuai penghargaan atas kinerjanya sebagai BUMN dalam mengelola bisnis sumber daya air. PJT I dinobatkan meraih penghargaan Silver Winner kategori The Most Promising Company in Marketing 3.0.
Penghargaan tersebut diperoleh dalam ajang BUMN Entrepreneurial Marketing Awards (BEMA) 2023. BEMA sendiri merupakan penghargaan yang menjadi rangkaian Jakarta Marketing Week yang sudah ada sejak 2012.
Setelah 11 tahun kegiatan tersebut terselenggara, penghargaan ini bertujuan memberikan apresiasi bagi BUMN dan BUMD yang sukses menerapkan strategi pemasaran yang fokus pada pelanggan.
Baca Juga: Songsong Standar Internasional, Perumda Tugu Tirta Gelar Pelatihan SNI ISO
Direktur Operasional PJT I, Milfan Rantawi, menjelaskan PJT I sekarang fokus tidak hanya pada pengembangan bisnis SDA, namun merambah pada bisnis Non SDA sesuai dengan penugasan pada PP 46 tahun 2010.
Salah satu fokus utama adalah pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Saat ini, PJT I telah memiliki SPAM eksisting di Lamongan dan tahun 2023 ini berupaya untuk merambah pasar penyelenggaraan SPAM di Malang.
“Pelayanan SPAM ini tidak hanya bertujuan untuk kepentingan bisnis semata, sebagai BUMN Perum PJT I tetap melaksanakan pelayanan publik dengan penyediaan untuk golongan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” kata Milfan, Rabu (21/6/2023).
Selain itu, PJT I juga menghadirkan transformasi digital dalam pelayanannya sebagai upaya untuk lebih adaptif agar dapat semakin dapat memberikan pelayanan terbaik.
Baca Juga: PJT I dan Perumda Tirta Kanjuruhan Bangun Laboratorium Air Terakreditasi
Penerapan Smart Water Management System (SWMS) untuk sistem informasi SIAGA banjir, sistem informasi kualitas air, dan sistem manajemen sungai juga menjadi bentuk inovasi perusahaan menghadirkan pemantauan secara real time di Wilayah Sungai yang dikelola perusahaan.
Milfan menuturkan SWMS menjadi upaya nyata PJT I untuk mewujudkan peningkatan layanan kepada pelanggan (pemanfaat) dan masyarakat (pelayanan umum).
Terutama dalam sisi pengelolaan SDA. Penerapan ERP- SAP, pembaharuan website, implementasi Aquarius, telemetri juga menjadi upaya perusahaan untuk mendukung menerapkan digitalisasi secara optimal.
“Informasi perusahaan juga diinfokan melalui media sosial perusahaan agar informasi dapat tersampaikan dan tersebar dengan cepat,” ungkap dia.
Milfan mengapresiasi seluruh pihak PJT I atas dukungan dan kontribusi yang maksimal didukung kreativitas untuk menciptakan beragam inovasi layanan digital. Ia berharap penghargaan yang diterima menjadi pemicu semangat bagi PJT I untuk terus menghadirkan beragam inovasi layanan sesuai perkembangan teknologi.
“Tujuan besar dari seluruh proses tranformasi digital perusahaan adalah dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam hal pengelolaan SDA,” pungkasnya.
Reporter: M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A