Kota Batu, Tugumalang.id – Berbagai cara dilakukan Perum Jasa Tirta I (PJT I) dalam memperluas akses pasar para UMKM mitra binaannya. Kali ini, mereka mengajak dua UMKM mitra binaan mereka. Kripik Tempe Mispan dan Pempek Tekwan Pak Pong ikut di ajang Karya Nyata Festival (KNF) Vol.10 di Kota Batu.
KNF Vol 10 ini merupakan inisiasi dari Rumah BUMN Jawa Timur dalam mendorong pertumbuhan UMKM di Jawa Timur. PJT I ikut ambil bagian dalam upaya sinergitas tersebut guna menggerakkan roda perekonomian melalui UMKM di Indonesia.
Sekretaris Perusahaan PJT I, Wahyu Dutonoto mengatakan lewat pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi produk lokal serta eksplorasi pasar baru sehingga dapat meningkatkan penjualan produk UMKM.
Selain memamerkan produk unggulan mitra binaan, pihaknya juga memanfaatkan momen ini untuk mengenalkan diri, juga produk air minum dalam kemasan bermerek ASA serta informasi tentang pariwisata yang dikelola PJT I turut dipamerkan.
Baca Juga: Jaga Keseimbangan Ekosistem, PJT I Tebar 160 Ribu Bibit Ikan di Tiga Waduk di Hari Konservasi Alam
“Ke depannya tentunya kami berharap lebih banyak produk dari UMKM binaan yang dapat kami bawa. Sehingga PJT I baik mitra binaannya maupun produknya semakin dikenal masyarakat,” harapnya.
Sementara, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyampaikan komitmen Kementerian BUMN dalam mendukung pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan. ”Kami yakin jika BUMN besar, maka UMKM juga harus besar,” tegasnya.
Arya menambahkan kegiatan KNF menjadi wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk unggulan mereka secara langsung. “Dengan terciptanya pasar maka dapat mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.
Terpisah, salah satu pemilik UMKM Kripik Tempe Binaan PJT I, Mispan mengapresiasi atas peran serta perusahaan dalam membantu promosi produknya. Tanpa pendampingan yang dilakukan, tumbuh kembang usahanya tidak akan bertumbuh.
“Kami mempunyai outlet store offline. Dengan adanya kegiatan ini dapat menjemput bola bertemu dengan pelanggan sekaligus menginformasikan lokasi penjualan baik untuk offline maupun online untuk camilan khas Malang ini,” ujar Mispan.
Sebelumnya, PJT I juga menggandeng tiga mitra UMKM binaan mengikuti acara Surabaya Great Expo (SGE) di Grand City Surabaya pada pertengahan Agustus 2024 lalu. Tiga mitra binaan unggulan Sub Divisi TJSL dan ESG PJT I tersebut, yakni Mitra Turut Lurik, Kopi Wonogiri dan Manik-manik Jombang. Mereka memperkenalkan produk-produknya di stan pameran PJT I.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter : M Ulul Azmy
editor: jatmiko