Tugumalang.id – Digital marketing menjadi strategi ampuh bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha. Perjalanan sukses salah satu pengusaha pakaian anak di Kota Malang yakni Alexander Tantono (40) tak lepas dari pemanfaatan digital marketing.
Tantono memulai karir sebagai reseller pakaian bayi pasca lulus kuliah tahun 2009 lalu. Saat itu, dia merantau di Makasar hingga Samarinda untuk berjualan pakaian dari rumah ke rumah.
Setelah 10 tahun merantau, Tantono kembali pulang ke Kota Malang tepatnya pada 2019. Di Malang, dia mencoba membuka usaha sendiri dengan memproduksi masker saat badai pandemi Covid-19 melanda.
Baca Juga: 5 Distro Pakaian Termurah hingga Termahal di Daerah Gondanglegi
Saat pandemi mereda, dia melihat peluang lain dan mencoba peruntungan dengan beralih memproduksi pakaian anak dengan brand bernama GL BabynKids. Dia juga mencoba memanfaatkan tren strategi digital marketing yakni dengan berjualan melalui e-commerce.

“Saya jual full secara online. Jualan pertama hanya laku 5 baju. Lalu saya belajar dari toko toko online lain, ikut forum, memanfaatkan fitur promo promo hingga ada peningkatan sedikit demi sedikit,” ungkapnya.
Dia mengaku cukup terbantu dengan strategi marketing melalui e-commerce Shopee. Tiap tahun penjualannya terus mengalami peningkatan. Bahkan mendapat akun istimewa.
Baca Juga: Pakaian Daerah Khas Kota Batu Resmi Miliki HAKI di Ajang Batu Culture Festival 2024
“Jadi kalau di e-commerce ini dampaknya luar biasa. Kita bisa mendapat pasar atau pembeli dari seluruh Indonesia,” ujarnya.
Saat ini, produk pakaiannya bisa laku sampai 4 ribu baju per bulan. Kala Ramadan tiba, dia selalu kualahan. Ada peningkatan 3 kali lipat. Omzet jualannya telah mencapai seratus juta lebih per bulan.
Usahanya juga telah menghasilkan lapangan kerja bagi sekitar. Setidaknya, Tantono memiliki 15 karyawan mulai dari penjahit hingga talent untuk live di e-commerce.
Dalam menjaga pelanggannya, Tantono menjunjung tinggi kualitas produk dan terus berinovasi. Dia menyadari hal tersebut akan menjadi nilai tersendiri di tengah persaingan ketat dalam usaha pakaian di Indonesia yang jumlahnya kian berkembang.
“Tantangannya kan sekarang setiap tahun makin banyak saingannya. Karena juga banyak yang mulai masuk ke bisnis ini. Jadi saya juga harus berinovasi terus,” urainya.
“Saya berpedoman, tak akan pernah putus asa. Karena semua pekerjaan ada tantangannya. Kuncinya terus mencoba dan inovasi,” sambungnya.
Dia meyakini, semua orang yang mau bekerja keras secara konsisten pasti akan menemui kesuksesan. Apalagi jika bisa menemukan kekurangannya dan kemudian memperbaiki.
“Kalau punya mimpi, jangan mudah putus asa. Teruslah berjuang, kalau bisa kerja lebih keras lagi dan berdoa pasti akan ada jawaban dari Sang Pencipta,” tandasnya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter: M Sholeh
Editor: Herlianto. A