MALANG – Tepat 3 tahun sudah Studio Marketing Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (SME FEB UNISMA) yang didirikan pada 2018 berkedudukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Jl MT Haryono Nomor 193 Malang.
Sebagai sarana digital marketing dan entrepreneurship, SME FEB UNISMA telah berusia 3 tahun dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang digelar bahkan raihan prestasi nasional. Misalnya, pelatihan digital marketing & SEO, wesite development, content creator, diklat fotography for digital marketing, pelatihan videografi, pengabdian masyakarat ke Kabupaten Malang hingga sertfikasi digital marketing dll. melalui komunitas yang dibangun dengan nama Media Creative.
Puncak acara 3rd Anniversary SME FEB UNISMA digelar secara luring dan daring bertempat di Hall KH Abdurrahman Wahid lantai 7 gedung pasca sarjana dengan menggelar tasyakuran, launching ID Card dan webinar Linkedln sebagai platform digital personal branding bertaraf international.
Dalam acara tersebut juga dilakukan pemotongan tumpeng dan kue tar serta pemutaran video kilas balik kiprah Studio Digital Marketing FEB UNISMA sejak 28 November 2018 hingga 28 November 2021. Pemutaran video menggambarkan berbagai kegiatan inovatif yang digelar seperti pelatihan digital marketing & SEO, wesite development, content creator, diklat fotography for digital marketing, pelatihan videografi, lomba Photography pembelajaran di masa pandemic, lomba content creator, lomba tiktok, Branding Pariwisata Bromo dll.
Dalam sambutannya, Dekan FEB UNISMA, Nur Diana SE MSi menyatakan bahwa seiring dengan perkembangan teknologi digital pada 2018 lalu FEB UNISMA berinisiatif membuat sebuah laboratorium berbasis teknologi dan digital untuk mendukung proses belajar serta meningkatkan kualitas belajar mahasiswa yang dinamakan Studio Marketing & Entrepreneurship (SME FEB UNISMA).
Hari ini usianya sudah menginjak 3 tahun ini. Berbagai Langkah inovatif dan kreatif telah dikembangkan hingga memiliki banyak prestasi hingga internasional.
“Kami ucapkan selamt atas 3rd annyversary SME FEB UNISMA. Selama 3 tahun ini sudah banyak kiprahnya dalam mendukung kompetensi skill mahasiswa maupun masyakarat dalam bidang digital marketing, berbagai prestasi nasional dalam bidang branding berbasis digital sudah banyak diraih bahkan banyak mendukung penguatan skill unit lain di bidang digital marketing dan entrepreneurship,“ tutur Diana.
Lebih lanjut Diana berharap dengan adanya SME ini yang sengaja dirancang sebagai ruang bagi mahasiswa untuk berkreasi dan mendorong mahasiswa untuk tetap produktif. Dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas yang tersedia dapat mengeksplor dan menggali pengetahuan atau ide yang dimiliki.
“Semoga SME menjadi tempat bagi mahasiswa untuk mendapatkan, mengembangkan, dan mewujudkan ide kreatif serta memberi kontribusi bagi masyarakat,” tutur Diana mengakhiri sambutannya.
Dalam rangkaian kegiatan ini juga digelar webinar Linkedln sebagai Platform Digital Personal Branding Bertaraf International dengan narasumber Lestari Kusma SPsi CBC. Dalam paparanya, Lestari Kusma menyatakan bahwa Personal branding memiliki 3 point di antaranya: who you are, what you do, dan what makes you different.
“Jangan pernah membuat personal branding itu biasa-biasa aja karena jika kalian lakukan itu tidak ada gunanya, karna persentase cari kerja itu tinggi, sehingga kita harus mempunyai personal branding yang bagus untuk menarik perhatian pekerjaan itu,” tuturnya dalam webinar tersebut.