Tugumalang.id – Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar hebat pada Selasa (2/5/2023). Kini, Pemerintah Kota Malang membuka Posko Pengaduan untuk korban kebakaran Malang Plaza di Gedung Mini Block Office Balai Kota Malang.
Wali Kota Malang, Sutiaji menyampaikan, bahwa petugas pemadam kebakaran telah berusaha keras untuk menjinakkan api di Malang Plaza sepanjang malam.
“Petugas berupaya melakukan pemadaman, pembasahan dan pendinginan supaya tidak ada rentetan dan rembetan api. Ini sambil kami membuka posko untuk mengidentifikasi berapa masyarakat terdampak dan kerugiannya,” kata Sutiaji.
Baca Juga: Malang Plaza Terbakar, Api Melalap Habis Seisi Gedung
Menurutnya, sumber api pertama kali muncul dari lantai 3 gedung Malang Plaza. Namun saat ini, pihaknya juga masih terus menanti update terbaru dan hasil penyelidikan penyebab pasti munculnya kebakaran itu.
“Berkaitan sumber api, sementara informasinya dari lantai tiga. Ada dua titik, bisa jadi di arah selatan itu di gedung bioskop, tapi kita belum tahu pastinya. Kami kooordinasi dengan Polresta untuk meminta dari Polda untuk Labfornya biar dilihat di sana supaya kita tahu semua,” tuturnya.
Dikatakan, Malang Plaza merupakan aset milik swasta. Pihaknya juga tengah berkomunikasi dengan pihak pengelola Malang Plaza untuk memastikan jumlah masyarakat yang mengisi tenant di Malang Plaza.
Baca Juga: 7 Jam Lebih, Malang Plaza Terbakar Belum Padam
“Nanti kita bicarakan lagi. Nanti kami akan ketemu dengan manajemen supaya tahu jumlahnya. Ini kami komunikasi terus,” paparnya.
Sementara itu, Kepala BPBD Kota Malang, Prayitno mengatakan, bahwa sudah ada 96 pelapor yang datang dan menyampaikan data ke Posko Pengaduan. Namun data jumlah pelapor itu akan terus berkembang.
“Mereka memberikan data terkait potensi kerugiannya. Satu korban ada yang rugi Rp 100 juta dan tentu ada yang lebih tinggi bahkan miliaran,” ucapnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Herlianto. A