Menitikkan Air Mata Baca Buku “Humanisme Silaturahim Menembus Batas”

  • Whatsapp
Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)

Oleh : Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)*

 

Assalamualaikum Pak Aqua Dwipayana yang sangat saya hormati dan saya banggakan.

Alhamdulillah Jumat sore (28/5/2021) ini saya baru mendarat di Makassar, dari Jayapura untk  melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Hal pertama yang saya rasakan ketika sampai di Makasar adalah seperti yang Pak Aqua alami ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten dari perjalanan ke Papua pada Kamis siang (27/5/2021) kemarin, yaitu “kemewahan” sinyal seluler yang begitu melimpah.

Terutama bisa membuka postingan berita online dari Pak Aqua yang berjudul “Dr Aqua Dwipayana Terbang ke Papua untuk Berikan Sharing Komuikasi dan Motivasi” yang dimuat di media online rakyatsumbar.id.

Selama perjalanan Jayapura-Makassar, di pesawat saya membaca buku pemberian Pak Aqua yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” yang merupakan karya bapak.

Sebuah buku yang isinya tentang dahsyatnya silaturahim khususnya antara Pak Aqua dan Pak Ventje. Subhanallah… Sedemikian dahsyatnya ketulusan silaturahim antara bapak dan Pak Ventje.

Ketemu Singkat
Saat membaca buku tersebut saya sempat menitikkan air mata. Teringat kepada kedua orangtua saya yang sudah meninggal. Beliau adalah almarhum Bapak Iskandar dan almarhumah Ibu Siti Muljati.

Air mata saya keluar saat membaca bagian tulisan yang menceritakan Pak Rudy Suardana, Bapaknya Pak Ventje yang sangat berbahagia saat dikunjungi Pak Aqua di rumah sakit Mount Elizabeth Singapura. Demikian juga Pak Ventje yang juga terkejut dengan kejutan dari Pak Aqua yang datang membesuk Pak Rudy tanpa lebih dulu memberitahukan ke beliau.

Dari buku tersebut saya jadi tahu betapa sangat-sangat tingginya jiwa sosial Pak Aqua. Salah satunya adalah ketika bisa memberangkatkan jamaah umrah gratis The Power of Silaturahim (The POS) 1 sampai 4 (rencana) yang jumlahnya mencapai ratusan orang. Di antaranya ada anggota saya yang bertugas di Lantamal X Jayapura, Papua.

Baca Juga  Lompat Tinggi, Buat Lebih Rendah

Membaca semua itu saya hanya bisa menyebut asma Allah. Subhanallah… Seorang Pak Aqua yang sangat rendah hati, supel, menyapa orang yang baru dikenal seperti saya ini, seolah-olah saya sudah lama mengenal bapak.

Padahal kita baru pertama kali ketemu. Waktunya singkat sekali. Hanya beberapa menit. Allah SWT yang mempertemukan kita Kamis pagi kemarin saat sama-sama sarapan di Hotel & Resort Suni Garden Lake Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Waktu itu saya di sana dalam rangka mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Beliau berdua melakukan kunjungan kerja di Papua selama dua hari, Rabu-Kamis (26-27/5/2021).

Sangat Menyentuh
Danlantamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho yang mengenalkan saya ke Pak Aqua. Dia mengatakan siswa bapak saat melaksanakan Sesko TNI di Bandung.

Kemudian Pak Aqua memberikan buku  best seller Trilogi The Power of Silaturahim karya bapak yang sebagian sudah saya baca. Isinya bagus sekali. Sangat menyentuh dan penuh makna kehidupan.

Jiwa sosial Pak Aqua dahsyat sekali. Hal ini sangat menginspirasi saya untuk bisa berbuat yang lebih baik lagi. Seperti  teladan yang telah bapak tunjukkan yang ditulis di buku tersebut. Aamiin ya robbal aalamiin…

Selanjutnya saya mohon ijin melanjutkan perjalanan dulu ke Surabaya. Mau ketemu sama istri tercinta Bertiana Kartika serta  ketiga buah hati saya yaitu Vensca Maulida, Ersalia Shifa, dan Muhammad Isra Al Debaran.

@Salam hormat saya dari kawan baru yang mengidolakan Pak Aqua.

*Panglima Komando Armada III

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *