Mari Mengenal “Rumah” Para Pengukir Kata!

  • Whatsapp
Ilustrasi menulis. Foto: Pixabay

Karya: Tasya Nabila Cahyati – Siswa SMAN 1 Pagak

Menulis merupakan suatu kegiatan untuk menciptakan sebuah catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Biasanya menulis sangat sering dilakukan ketika seseorang sedang mengalami sesuatu baik itu senang, sedih, maupun kecewa. Dengan menulis kita berusaha mencurahkan segala kelihatan kesah kita, tanpa harus bercerita kepada orang lain. Pada dasarnya dengan sedikit mencurahkan perasaan kita, kita telah berhasil mengurangi beban yang ada dalam pikiran. Dengan demikian, otak akan kembali mampu berpikir secara logis dan kritis.

Pada dasarnya seseorang yang gemar mencurahkan keluh kesahnya dalam bentuk tulisan, bisa saja ia disebut sebagai penulis. Namun, itu semua tergantung apa yang orang tersebut hasilkan seperti contoh, seseorang yang sedang putus cinta lalu ia mencurahkan kesedihannya dalam bentuk quotes. Maka, orang tersebut telah bisa disebut penulis. Apabila ia rutin dalam kegiatan menulis tersebut, sebab dengan menjadikan menulis sebagai kebiasaan kita tidak hanya mampu mengontrol emosi. Namun, kita juga bisa menghasilkan prestasi.

Di zaman milenial seperti sekarang ini, telah banyak terbentuk wadah-wadah penyalur bakat seorang penulis. Salah satu contohnya kini telah banyak komunitas-komunitas kepenulisan berbasiskan online. Cara paling mudah untuk kita bergabung dengan mereka ialah mencari komunitas yang cocok lewat instagram. Sebab, kini telah banyak akun-akun komunitas berbasiskan online yang bisa kita ikuti. Dengan bergabung dengan mereka kita mampu sedikit mengembangkan bakat kita, sebab di sana kita akan dibimbing dan akan diberikan ilmu mengenai bidang yang kita sukai. Di sana kita dapat memilih bidang mana saja yang kita mau, biasanya mereka akan menawarkan puisi, quotes, opini, cerpen, cermin bahkan bisa saja kita akan melakukan antologi novel ataupun buku karya sastra lainnya.

Baca Juga  Pentingnya Standar Profesi Advokat di Mata Dr Yayan Riyanto

Sebagai contoh pengalaman saya dahulu, pada awalnya saya memang masih malu-malu mau memilih apa, lalu saat itu saya memberanikan diri untuk memilih semua itu tanpa terkecuali. Dengan baiknya pemilik komunitas dan para admin lainnya yang membantu berjalannya komunitas, akan memberikan kita sebuah materi mengenai dunia kepenulisan setiap minggunya. Selain itu, kita tidak hanya belajar saja. Namun, kita juga akan diajak bermain game, mengikuti event, saling bertukar informasi, bahkan juga bisa melakukan antologi buku bersama member lainnya.

Dengan demikian, selain hobi tersalurkan kita juga akan mendapatkan teman dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Selain itu, biasanya komunitas kepenulisan juga sering mengadakan seminar onlinebersama para pemateri yang tentunya menambah wawasan kita, bukan? Lantas, masih ragukah kalian untuk bergabung menjadi bagian dari kami?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *