MALANG, Tugumalang.id – Tim pengabdian kepada masyarakat STIE Malangkucecwara (ABM) menggelar pendampingan bagi UMKM Kampoeng Kajoetangan Heritage, Sabtu (18/11/2023).
Pendampingan kali ini turut menghadirkan praktisi sekaligus alumnus ABM yakni Heru Nurwahyudin SE selaku Founder Superheru.Edupreneur dan Snack Factory Malang Indonesia.
Menurut Heru, salah satu komponen penting dalam pemasaran UMKM ialah branding. Branding yang menarik akan membuat masyarakat mudah mengingat produk kita dan membentuk kesan baik di masyarakat.
Baca Juga: Libatkan PTS di Jatim, STIE Malangkucecwara Gelar International Seminar Leadership
“Branding yang kuat dapat membentuk dan menjamin kualitas, memberi keyakinan pada masyarakat terhadap produk, dan orang akan lebih mudah diingat dengan produk kita,” katanya.

Untuk membuat branding yang kuat, lanjut Heru, pelaku UMKM dapat melakukan beberapa tahapan. Ketahui dulu target pasar, fokus brand, tentukan nama bisnis, tentukan slogan dan gaya brand.
“Mulai warna, model tulisan, dan lain-lain, apalagi membawa nama Kayutangan Heritage yang sudah internasional,” jelasnya.
Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat ABM, Dr Setyawan menjelaskan pendampingan pada UMKM Kampoeng Kajoetangan Heritage ini konsisten dilaksanakan sejak 2019 lalu.
Dengan begitu, ada banyak materi pendampingan yang telah diberikan. Termasuk kali ini, ditekankan pada tiga hal unsur pemasaran yakni branding, packaging dan display.
Kegiatan ini diikuti sekitar 25 pelaku UMKM Kajoetangan Herutage. “Kali ini beberapa materi yang kita berikan terkait upaya marketing ada tiga, yakni branding, packaging dan display. Tiga hal yang meruapkan basic untuk memasakan produk UMKM Kayutangan,” terang dia.
Baca Juga: Dosen STIE Malangkucecwara Dapat Pendanaan PMP, Fokus Beri Pelatihan Pelaku UMKM
Tujuannya, agar pelaku UMKM mengetahui bagaimana elemen penting dalam pemasaran produk, terlebih sharing ini dilakukan bersama praktisi. Sehingga nantinya, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk.
“Harapan kami mereka bisa memasarkan produk-produk mereka, terutama yang kaitannya dengan memasarkan branding ke supplier. Untuk itu, tentu perlu pendampingan dan siap membantu untuk pemasaran yang berkelanjutan,” imbuh dia.
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Herlianto. A