Tugumalang.id – Setiap tahunnya, Indonesia Fashion Chamber (IFC) bersama dengan pemerintah mengeluarkan panduan tren. Untuk tahun ini, tren yang ada masih mengacu pada tahun kemarin yakni ‘The New Beginning’. Namun di tahun ini, sudah muncul trend forecasting untuk tahun 2023 dan 2024 yakni Co-exist.
Inti dari fashion Co-exist adalah pemahaman di kalangan designer dan masyarakat bahwa tren itu muncul akibat situasi dan kondisi yang ada di masyarakat dunia hingga saat ini yakni COVID-19, di mana kita tidak bisa hidup sendirian, sehingga memunculkan semangat untuk selalu bersama-sama.
Berikut subtema Co-exist:
1. The Survivor (Kelompok Selamat)

Design pada kelompok ini memunculkan look yang terkesan simple dan basic, dengan warna cerah juga tambahan detail printing. Hal tersebut terinspirasi dari kelompok yang berhasil melewati fase sulit saat pandemi bersamaan dengan semangat baru untuk mulai bangkit dapat dilihat dari pemilihan warna cerah.
2. The Soulsearcher (Pencari Ketenangan)

Kelompok ini adalah jiwa yang ingin healing dari masa berakhirnya pandemi dengan mencari kedamaian dan mulai berdatangan ke desa-desa. Fenomena ini ini menjadi pemicu muculnya design-design yang lebih menonjolkan warna alam karena mengaplikasikan ketenangan dari alam dan kebudayaannya. Di sini mereka juga lebih banyak menggunakan design dengan sentuhan kerajinan wastra tradisional, seperti eco-print.
3. The Savior (Penyelamat)

Salah satu kelompok yang berjasa dan paling banyak disorot di media adalah para kelompok penyelamat, relawan, dan juga komunitas sosial yang dalam pengabdian dan semangatnya membantu sesama. Design yang muncul lebih kepada design maskulin dengan struktur baju yang lebih tegas dan terlihat sporty yang dipadu dengan warna-warna gelap seperti hijau, abu, dan hitam.
4. The Searchimprover (Pencari Perbaikan)

Digitalisasi menjadi pemicu gaya fashion kelompok ini. Kelompok yang banyak dipengaruhi oleh semangat memperbaiki diri dengan pengaruh digital ini, berusaha mengembangkan design dari sifat imajinatif yang kemudian direlisasikan melalui design yang lebih eksploratif dan inovatif. Penggunaan warna neon sampai dengan design futuristik bersama bahan-bahan baru merupakan cerminan dari the searchimprover.
Reporter: Fonda Imelia
Editor: Lizya Kristanti
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id