BOGOR, Tugumalang.id — Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengatakan mewujudkan kepatuhan masyarakat untuk menunaikan kewajiban pajak sejatinya berpulang pada daya persuasi insan perpajakan.
“Dalam hal ini menjalankan prinsip komunikasi yang baik dan efektif serta tentu saja gaya hidup yang mestinya juga menjaga perasaan publik,” kata Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para pegawai Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bogor dan KPP Madya Bogor, Sabtu 11 Maret 2023 ini. Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tajuk “Satu Bahu Jalin Kolaborasi, Perkuat Sinergi Demi Reformasi”.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi ini berlangsung di Club House Royal Tajur Residence, Muarasari, Kecamatan Bogor Selataan, Kota Bogor, Jawa Barat. Pesertanya sekitar 117 pegawai KPP Pratama Bogor dan 113 pegawai
KPP Madya Bogor, sehingga jumlah total peserta mencapai 230 orang pegawai.
Rinciannya mereka terdiri dari Kepala Kantor/Eselon III sebanyak 2 orang, Kepala Seksi/Eselon IV/Supevisor 26 orang, Fungsional/AR/Pelaksana sebanyak 202 orang.
Motivator ulung yang telah memotivasi lebih sejuta orang baik di Indonesia maupun puluhan negara tersebut mengaitkan soal kepatuhan membayar pajak dengan daya persuasi insan perpajakan, terkait dengan merebaknya kasus viral di media sosial yang melibatkan oknum pegawai pajak.
“Hal tersebut tentu tidak mewakili perilaku lembaga yang sesungguhnya. Masih banyak insan pajak yang berintegritas dan jujur. Akan tetapi, publik atau masyarakat harus dipahamkan tentang hal ini. Hal utama dalam konteks ini adalah pada cara persuasi dan berpulang pada komunikasi efektif insan pajak,” ucap Dr Aqua yang menempuh studi S1, S2, dan S3 linier di bidang komunikasi.
Dr Aqua menegaskan, komunikasi yang efektif dalam suatu institusi merupakan kunci sukses dalam bekerja. Komunikasi efektif dan teladan pemimpin adalah kunci munculnya integritas dan semangat pelayanan setiap insan perpajakan.
“Termasuk di lingkungan Kantor Pelayanan Pajak. Untuk itu penting para pimpinan di semua level dalam organisasi selalu menunjukkan keteladanan dengan menjadi role model bagi semua jajarannya. Keteladan itu tercermin dalam berbagai segi dan keseharian unsur pimpinan,” ungkap Dr Aqua.
Secara khusus Kepala KPP Pratama Bogor Albert Rinus H. S. S. S.E., M.M dan Kepala KPP Madya Bogor Dwi Budi Iswahyu, S.E., M.M mengundang Dr Aqua. Kehadiran Staf Ahli Ketua KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik tersebut diharapkan dapat menyuntikkan penguatan motivasi, etos, dan spirit kerja insan pajak di tengah citra yang menurun akibat kasus yang viral di media sosial dan melibatkan anak dari oknum pegawai pajak.
“Harus disampaikan bahwa tidak semua pegawai di bidang pajak itu berperilaku buruk dan korup. Mayoritas pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah manusia yang memiliki integritas dan komitmen bagi pengabdian terhadap negara dan masyarakat,” ungkap Albert Rinus.

Ia menambahkan informasi yang berseliweran di media sosial bagaimanapun memberi dampak citra buruk DJP di mata masyarakat. “Dengan bekal pemahaman komunikasi yang disampaikan Dr Aqua Dwipayana lewat Sharing Komunikasi dan Motivasinya, kami yakin menjadi tambahan pemahaman dan bekal kami dalam mengantisipasi krisis komunikasi seperti saat ini,” katanya memaparkan.
Motivasi di Banyak KPP
Bagi Dr Aqua yang merupakan penghobi silaturahim tersebut, acara di KPP Pratama Bogor dan KPP Madya Bogor bukan yang pertama. Ia tercatat sudah puluhan kali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bagi insan perpajakan.
Pada 14 November 2022 lalu, pria yang menempuh studi S1, S2, dan S3, linier di bidang Komunikasi tersebut menyampaikan materi sharing bertajuk “Komunikasi Efektif Dalam Rangka Membangun Cooperative Compliance Wajib Pajak” di KPP Pratama Jambi Pelayangan, Kota Jambi, Senin mulai pukul 14.00 WIB.

Di KPP Pratama Jambi Pelayangan, bukanlah yang pertama kali dilakukan di hadapan para petugas pajak. Sebelumnya awal Agustus 2022, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu telah melakukannya di KPP Pratama Bantul.
Saat itu, Dr Aqua menyampaikan materi bertajuk “Komunikasi Efektif, Kunci Sukses” di hadapan unsur pimpinan dan karyawan KPP Pratama Bantul di kantornya Jl Urip Sumoharjo No 7 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Jumat, 5 Agustus 2022 siang.
Kemudian pada 29 Agustus 2022, Dr Aqua menyampaikan materi bertajuk “MANTAP: Melayani dengan sepenuh hati, Amanah, Tangguh, Adaptif, Profesional” di hadapan para pegawai KPP Pratama Yogyakarta, di Aula KPP Pratama Yogyakarta Jl Panembahan Senopati No 20 Yogyakarta.

Selanjutnya, pada Jumat 23 September 2022 lalu, Dr Aqua juga menyampaikan materi bertajuk “Semangat Terampil Berkomunikasi Untuk Layanan Terbaik” di hadapan para pegawai KPP Pratama Semarang Gayamsari.
Terakhir, pada Senin, 3 Oktober 2022, pria santun yang rendah hati itu menyampaikan materi bertajuk “Komunikasi Efektif untuk Membangun Kepatuhan Kooperatif Wajib Pajak” di Aula Lantai 4 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Tanah Abang Satu.
KPP Pratama Bogor
Visi
Menjadi Mitra Tepercaya Pembangunan Bangsa untuk Menghimpun Penerimaan Negara melalui Penyelenggaraan Administrasi Perpajakan yang Efisien, Efektif, Berintegritas, dan Berkeadilan dalam rangka mendukung Visi Kementerian Keuangan: “Menjadi Pengelola Keuangan Negara untuk Mewujudkan Perekonomian Indonesia yang Produktif, Kompetitif, Inklusif dan Berkeadilan”.
Misi
Merumuskan regulasi perpajakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia;
Meningkatkan kepatuhan pajak melalui pelayanan berkualitas dan terstandardisasi, edukasi dan pengawasan yang efektif, serta penegakan hukum yang adil; dan
Mengembangkan proses bisnis inti berbasis digital didukung budaya organisasi yang adaptif dan kolaboratif serta aparatur pajak yang berintegritas, profesional, dan bermotivasi.
Nilai-Nilai
1. Integritas
2. Profesionalisme
3. Sinergi
4. Pelayanan
5. Kesempurnaan
KPP Madya Bogor
Visi: Menjadi Kantor Pelayanan Pajak Terbaik
Misi: Memberikan pelayanan optimal demi mencapai penerimaan negara
Motto: CERIA (Cekatan, Empati, Responsif, Ikhlas, Amanah)
Janji Pelayanan:
1. Melayani Wajib Pajak Sesuai SOP
2. Mendukung Wajib Pajak memenuhi kewajiban perpajakannya
3. Cepat, tanggap, dan tuntas dalam melayani
4. Memberikan informasi yang terkini tentang perpajakan
5. Melakukan inovasi untuk layanan yang lebih baik.*
editor: jatmiko