Tugumalang.id – Kebahagiaan hidup seseorang tergantung pada pola pikir dan pola sikap. “Service mindset” atau berpikir dan bertindak melayani adalah kunci utama mengambil hati setiap orang. Untuk itu setiap unsur sumber daya manusia dalam institusi apapun harus mampu melayani dengan hati. Mereka yang menjalankannya akan memiliki kepuasan tersendiri terhadap pekerjaannya. Nilainya jauh lebih besar dibandingkan upah yang diterimanya
Demikian ditegaskan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan jajaran pegawai Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Lembar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan tema “Meningkatkan Semangat Melayani Publik”, pada Kamis siang, 12 Agustus 2021.
Acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang dilakukan daring dan luring itu dipimpin General Manager ASDP Cabang Lembar Muhammad Yasin. Juga diikuti pegawai yang bertugas di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Selain itu Nakhoda KMP Roditha Arid Akbar bersama jajarannya yang sedang berlayar dari Bali ke Nusa Tenggara Barat mengikuti dari kapal tersebut.
Sedangkan Pimpinan BRI Cabang Mataram Bayu Adityo yang menginiasi acara itu hadir sebagai tamu kehormatan. ASDP Cabang Lembar adalah mitra utama BRI Cabang Mataram.
Kegiatan itu merupakan rangkaian Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua selama dua hari, Rabu dan Kamis, 11 dan 12 Agustus 2021 dan bahkan dilanjutkan Jumat, 13 Agustus 2021 dengan menggelar aktivitas serupa di Provinsi Bali. Dengan demikian motivator ulung ini memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi secara maraton sebanyak enam sesi.
Doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu berbagi ilmu, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman di empat institusi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yakni BRI Cabang Mataram, RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, ASDP Cabang Lembar, dan Direktorat Polair Polda Nusa Tenggara Barat.
Pada Kamis sore, 12 Agustus 2021, sesudah semua acara di Nusa Tenggara Barat tuntas, Dr Aqua meninggalkan Lombok dengan menumpang kapal dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, menuju Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali. Hanya satu agendanya yakni pada Jumat pagi, 13 Agustus 2021 Sharing Komunikasi dan Motivasi di Direktorat Polair Polda Bali yang dipimpin Kombes Pol Toni Ariadi.
Siangnya pembicara yang memiliki jam terbang tinggi ini naik pesawat Citilink ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta kembali ke rumahnya di Bogor. Begitu tiba langsung memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi via daring kepada lebih dari 3.000 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali.
Jadi, selama minggu kedua Agustus 2021 ini, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas itu memberikan enam sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi baik secara langsung maupun virtual kepada ribuan orang. Di masa pandemi, produktivitas Dr Aqua justru semakin meningkat.
Bapak dari Alira putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini mengajak semua karyawan dan pegawai berpikir di luar kebiasaan yang selama ini dilakukan alias “out of the box”. Manfaatnya besar sekali buat mereka dan perusahaan tempatnya bekerja.
“Hal ini bisa dilakukan dengan berpikir kritis, inovatif, berpandangan terbuka dan berorientasi pada solusi. Setiap kita sejatinya harus memiliki visi dan misi, ide kreatif, serta memberi inspirasi,” kata Dr Aqua menegaskan.
Motivator ulung yang murah senyum dan rendah hati itu mengingatkan agar kita selalu menjadi jiwa yang pemaaf dalam kehidupan ini. Hal tersebut sangat penting agar tidak ada beban menjalani semua aktivitas setiap harinya.
“Karena sebaik apapun diri kita tetap akan ada yang membenci. Maka jangan berlelah diri membuktikan kebaikan pada manusia. Cukup Tuhan yang Maha Esa ridho atas setiap detik yang dilalui,” ujar bapak dua anak ini menegaskan.
Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu juga mengungkapkan bahwa memahami Ilmu Komunikasi sangat penting bagi siapa saja agar dapat mengkomunikasikan dan menginformasikan kepada masyarakat bidang apapun yang kita lakukan.
“Kemampuan komunikasi sangat penting dan merefleksikan peran pelayanan kita kepada publik, masyarakat, pelanggan, atau siapapun yang menjadi subjek dari pekerjaan kita. Lakukanlah itu dengan optimal dan standar, tanpa ada perbedaaan atau diskriminasi,” ucap Dr Aqua yang hobi silaturahim ini.
Dalami Ilmu Komunikasi
Kepada seluruh pegawai ASDP Cabang Lembar disarankannya untuk mendalami Ilmu Komunikasi. Apalagi sebagian ada yang bertugas melayani pihak luar baik di dua pelabuhan yakni Lembar dan Padangbai maupun dua kapal yaitu KMP Rodhita dan KMP Portlink2
“Kemampuan komunikasi dapat membantu meningkatkan kinerja terbaik kita. Diperlukan pendalaman yang dapat membuktikan bahwa terdapat korelasi antara komunikasi dengan hubungan masyarakat. Butuh data dan fakta yang dapat menunjukkan bahwa implementasi komunikasi bisa menguatkan hubungan masyarakat,” jelas laki-laki yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat ini.
Untuk mencapai efektivitas komunikasi, Dr Aqua menyarankan seluruh pegawai ASDP Cabang Lembar melaksanakan rumus REACH Plus AC. Hal ini mengacu pada lima hukum komunikasi yang efektif.
Kelima aspek itu diawali dengan “Respect” atau perhatian dari kita kepada orang lain. Berlaku secara universal di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun agar selalu menghormati dan menghargai. Jangan pernah meremehkan seseorang.
Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri. Mampu merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi
“Selanjutnya “Audible” atau mudah dimengerti. emua yang disampaikan gampang dipahami oleh siapapun juga. Sehingga seluruh pesannya dapat diterima para penerima pesan.
“Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan. Mengutamakan etika komunikasi sehingga mudah dimengerti. Untuk itu agar menggunakan kalimat sederhana secara terbuka.
Terakhir, “Humble” atau rendah hati. Tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. “Contohnya jabatan itu seperti kapas di ujung telunjuk. Begitu ditiup langsung hilang,” tegas Dr Aqua.
Semua itu lanjut pria yang telah membiayai umrah lebih dari 150 orang – jumlahnya akan bertambah terus – dari hasil penjualan buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi”, perlu dilengkapi dengan huruf “AC” yakni “Action” atau Tindakan nyata dan cepat serta “Consistency” atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus.
Terkait dengan persaingan sesama kapal di rute Lembar-Padangbai Pp, untuk memenangkannya menurut Dr Aqua agar mengutamakan keramahan dalam melayani. Sehingga semua pengguna jasanya terkesan dan akan kembali naik dua kapal milik ASDP tersebut.
Selain itu, kesan positif yang sangat mendalam, lanjut mantan pejabat Humas di Semen Cibinong (sekarang Solusi Bangun Indonesia-red) membuat mereka yang pernah naik kapal ASDP tanpa diminta, mempromosikan kepada relasinya. Ini efektif sekali dan hasilnya pasti dahsyat.
Pelayanan yang ramah kata Dr Aqua juga perlu selalu dilakukan oleh semua petugas yang bertugas di Pelabuhan Lembar dan Padangbai. Lakukanlah itu secara konsisten.
“Jadi mulai dari Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padangbai hingga di kapal selama pelayaran, konsumen harus dilayani secara optimal. Mengedepankan keramahan agar mereka merasa nyaman dan memiliki kesan positif yang sangat mendalam,” tutur Dr Aqua.
Di samping ramah dalam melayani, menurut pria yang hobi membaca ini yang juga penting menjadi perhatian adalah mewujudkan kebersihan di area Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padangbai serta pada dua kapal yang dioperasikan ASDP.
Kebersihan kata Dr Aqua sangat penting agar semua orang yang menggunakan jasa ASDP, baik pelabuhan maupun kapal betah selama berada di area itu. Kesannya pasti positif sekali.
“Saya yakin sekali jika pelayanan yang ramah dan kebersihan dapat diwujudkan, secara signifikan akan memajukan ASDP Cabang Lembar. Pengguna jasanya bakal loyal dan mereka tenaga pemasar potensial yang jasanya mempromosikan ASDP tidak perlu dibayar,” pungkas Dr Aqua.
Tetap Semangat dan Optimis
Sebelum Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, diawali sambutan yang disampaikan General Manager ASDP Cabang Lembar Muhammad Yasin. Dia menceritakan kondisi perusahaan yang dipimpinnya.
“Selama pandemi Covid-19 terutama saat pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, secara signifikan terjadi penurunan baik penumpang manusia maupun kendaraan roda empat dan dua di Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Padangbai. Hal ini berdampak pada berkurangnya pendapatan dibanding sebelumnya,” jelas Yasin.
Meski begitu, lanjut pria yang ramah ini, semua pegawai ASDP Cabang Lembar harus tetap semangat dan optimis. Yakin suatu saat nanti kondisinya akan kembali pulih.
Di dua pelabuhan yang dikelola, terang Yasin, totalnya mengoperasikan lima dermaga. Sebanyak tiga dermaga di Pelabuhan Lembar dan dua dermaga di Pelabuhan Padangbai.
Seluruh kapal yang beroperasi, tambah Yasin, sebanyak 26 kapal termasuk dua kapal milik ASDP. Saat ini tiga kapal sedang proses perawatan di berbagai galangan.
“Situasi pandemi Covid-19 ini membuat setiap hari hanya 13 kapal yang dioperasikan. Sedangkan jadwal keberangkatannya dari masing-masing dermaga sekitar 1,5 jam sekali,” paparnya.
Kepada semua jajarannya yang menghadiri acara Sharing Komunikasi dan Motivasi baik secara daring maupun luring, Yasin meminta agar mereka menyimak semua yang disampaikan Dr Aqua. Dia yakin sangat bermanfaat buat meningkatkan kinerja seluruh karyawan.
“Kita sekarang ini kedatangan tamu istimewa yakni Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Mari sama-sama kita simak yang disampaika beliau. Pasti bermanfaat buat peningkatan kualitas diri kita dan karyawan,” ujar Yasin.(*)