Dosen Unikama Terpilih Jadi Training of Trainer Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Whatsapp
Drs Choril Hudha MSi. Foto: dok
Tugumalang.id – Dosen sekqligus Ketua LP2U Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) terpilih menjadi Training of Trainer (ToT) tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Berorientasi KKNI dan SN Dikti di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).
Dosen tersebut adalah Drs Choirul Hudha MSi. Dia berhasil masuk dalam 50 peserta terpilih dari seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dalam program yang diselenggarakan oleh Direktorat Belmawa Ditjen Dikti Kemendikbud, di Yogyakarta, pada 18-20 Maret lalu.
“Disana kita dipersiapkan menjadi trainer atau narasumber tentang pengembangan kurikulum pendidikan tinggi sesuai kebijakan MBKM,” ujarnya.
Tujuannya, agar para ToT tersebut tak hanya menjadi narasumber namun juga memberikan bimbingan teknis (bimtek) dalam mengevaluasi kurikulum dan perangkat MBKM. Sehingga bisa diterapkan dengan baik dan benar.
“Bimteknya mulai dari penyusunan landasan kurikulum, penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), CPMK, Body of Knowledge dari Program Studi (Prodi), bahan kajian, pembentukan mata kuliah, peta kurikulum, sampai evaluasi kurikulum dan menyusun RPS untuk blended learning,” bebernya.
Dengan terpilihnya Choirul sebagai ToT, dia berharap dapat menambah wawasan tentang penerapan kurikulum MBKM itu sendiri. Pasalnya, penerapan kurikulum ini memang harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Kemendikbud.
“Menjadi ToT merupakan salah satu pengalaman yang menarik agar bisa menularkan ilmunya pada para dosen lain,” tanggapnya.(ads)
Reporter: Feni Yusnia
Editor: Lizya Kristanti
Baca Juga  Sinergi dengan Stakeholder, FEB Unisma Dukung Kampus Merdeka

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *