MALANG – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya (FIB UB) melalui Prodi Sastra China mengimplementasikan program Kementerian Perdagangan RI, dalam meningkatkan dan mengembangkan UMKM agar bisa diekspor.
Salah satunya melalui pengembangan e-marketing bertema Bahasa dan Budaya Mandarin dalam E-marketing Peningkatan Ekspor Produk UMKM ke China.
Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FIB UB, Dr. Esti Junining menjelaskan bahwa pengembangan E-marketing diimplementasikan dengan memasarkan produk UMKM ke pasar di Taiwan hingga China.
“Kami juga bekerja sama dengan Atase Perdagangan China, KBRI China melalui program e-live selling atau penjualan produk secara real time, di video online interaktif,” ujarnya, Senin (27/12/2021).

Menurutnya, UB akan terus berkontribusi dalam mendukung dan mengembangkan UMKM lokal untuk bisa menembus pasar internasional.
“Kami juga siap bekerjasama dengan KBRI China secara berkelanjutan dalam berkontribusi mendampingi UMKM Indonesia untuk bisa dipasarkan ke China maupun ke negara lain,” tuturnya.
Disebutkan, sudah ada 347 produk UMKM yang telah siap dan layak dipasarkan ke pasar internasional. Disebutkan, UMKM tersebut telah memenuhi legalitas yang jelas dan produk berkualitas.
“Beberapa UMKM yang belum siap itu nanti ada pelatihan maupun pendampingan baik dari segi pengemasan hingga uji kesehatannya,” ucapnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Jatmiko