Stok Baru 100 Ribu Dosis Vaksin Astrazeneca Mendarat di Malang

  • Whatsapp
Proses vaksinasi. Foto Ben.
Proses vaksinasi. Foto Ben.

MALANG – Pelaksanaan vaksinasi tahap 2 kepada lansia dan petugas pelayan publik di Kota Malang bisa terus berlanjut. Pasalnya, stok anyar vaksin COVID-19 sudah mendarat di Kota Malang per Jumat (7/5/2021) lalu.

Total vaksin yang datang ini terbilang ada 100 ribu dosis. Namun untuk jenis vaksin ini berbeda dari sebelumnya. Namanya vaksin Astrazeneca. ”Sudah datang vaksin Astrazeneca 100 ribu dosis Jumat kemarin,” ungkap Jubir Satgas COVID-19 Kota Malang, Husnul Muarif dihubungi, Minggu (9/5/2021).

Bacaan Lainnya

Namun, pelaksanaan vaksinasi lanjutan kepada sekitar 50 ribu warga penerima prioritas ini masih akan dirapatkan kembali soal jadwal pelaksanaanya. Ditargetkan vaksinasi dilanjut pada Selasa (11/5/2021) mendatang.

”Senin (10/5/2021) besok kami akan rapatkan soal teknisnya itu. Saat ini, stok vaksin yang datang sudah kita simpan sebelum nanti akan didistribusikan ke tiap fasyankes,” lanjutnya.

Artinya, imbuh Husnul, proses vaksinasi tetap akan dilakukan meski bertepatan dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Meski begitu, untuk kepastiannya masih akan dikoordinasikan terlebih dulu. ”Tapi mungkin libur dulunya karena kan tanggal merah,” ujarnya.

Jika tahapan kedua ini selesai, artinya dalam waktu dekat masyarakat umum sudah bisa mendapatkan vaksin sesuai target di tahapan ketiga. Untuk stok 100 ribu vaksin ini diperkirakan hanya cukup untuk menyelesaikan sisa penerima prioritas tahap 2.

”Artinya nanti bisa lanjut tahap ketiga untuk masyarakat umum. Kalau tahap ketiga ya stoknya baru lagi dikirim dari pusat,” imbuhnya.

Sementara, soal angka kasus pertambahan COVID-19 di Kota Malang saat ini kata Husnul terbilang fluktuatif dengan kenaikan melandai. ”Artinya kadang dalam satu hari ada 1-2 kasus, tapi besok ada 10 kasus, tapi berikutnya turun 1 kasus lagi,” pungkasnya.

Baca Juga  Sehari Dilantik, Kasatreskrim Baru Polres Malang Siap Ungkap 2 Kasus Pembunuhan

Total hingga saat ini, vaksin di Kota Malang sudah menyasar sekitar 123.920 warga. Dia berharap stok vaksin bisa datang sesegera mungkin agar proses vaksinasi tetap berjalan dan proses menuju kekebalan massal bisa berprogres sebelum lebaran Idul Fitri 1442 H.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *