Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Solo Travelling

  • Whatsapp
Solo Travelling

TRAVELLING merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Melepas penat dan mencari suasana baru mungkin adalah alasannya. Apalagi jika dilakuakan beramai-ramai, pasti akan makin seru. Namun sebagian orang lebih memilih untuk solo travelling.

Menjadi seorang solo traveller adalah langkah yang berani karena kita hanya dapat mengandalkan diri sendiri. Kita harus bisa mandiri dan percaya diri. Saat sendirian memang terkadang lebih menyenangkan karena kita dapat menentukan tujuan yang kita inginkan dan dapat pergi kapanpun. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan solo travelling. Penasaran apa sajakah itu? Simak, yuk!

1. Pilih Tujuan dengan Cermat
Pilih destinasi wisata yang terbukti aman dan ramah turis. Anda dapat mencarinya di internet berdasarkan review orang-orang yang sudah pernah berkunjung. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teman atau saudara yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Destinasi wisata yang ramah turis tidak hanya membuat Anda aman namun juga terbantu karena para warganya yang akan dengan senang hati membantu. Pilih juga tempat yang selalu ramai dan mudah dicapai dengan transportasi umum.

2. Siapkan Kontak Darurat dan Orang Terdekat
Untuk berjaga-jaga, simpan nomor darurat seperti kedutaan (jika ke luar negeri), rumah sakit, dan kepolisian setempat. Saat tidak ada siapapun di sisi Anda, nomor pelayanan tersebut sangat penting. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menghubungi keluarga atau teman terdekat, agar mereka tahu saat Anda berada dalam bahaya. Agar merasa lebih aman, lebih baik hafalkan nomor-nomor tersebut. Karena jika ponsel hilang, Anda dapat menghubunginya melalui telepon umum.

3. Jaga Barang Tetap Aman
Hal yang paling penting saat menjadi solo traveller adalah menjaga keamanan dan keselamatan barang-barang Anda. Pastikan barang Anda selalu berada di tempat yang aman. Gunakan tas anti copet yang akan membuat Anda merasa lebih aman, karena tas tersebut didesain sedemikian rupa agar hanya Anda yang dapat membukanya, seperti resleting yang diletakkan di bagian tas dekat punggung dan kunci tambahan dalam tas. Selain itu, jangan pegang barang berharga di tangan kecuali saat akan digunakan.

Baca Juga  Menikmati Senja dan Paralayang di Pantai Modangan

4. Pelajari Budaya Setempat
Cara bersikap dan berkomunikasi tiap daerah berbeda. Jangan sampai membuat orang lain tersinggung karena hal yang tidak Anda ketahui. Bahkan hal yang menurut kita sopan mungkin dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak pantas di suatu daerah. Karena itulah pentingnya mempelajari budaya setempat. Pelajari cara mereka bersikap, berkomunikasi dan hal-hal lain yang dianggap tidak baik di daerah tersebut. Apalagi jika sendirian, orang lain akan menganggap Anda lebih mudah ditaklukan karena tidak ada yang membantu Anda.

Solo travelling memang asyik, tetapi tetap jangan sampai lengah karena keasyikan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan waspada setiap saat. Hal-hal tesebut penting agar Anda dapat travelling dengan nyaman dan menyenangkan meskipun sendirian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *