MALANG, Tugumalang.id – Setiap hari, terlihat pemandangan yang sama yaitu keramaian yang ada di setiap gerai Mie Gacoan. Restoran ini telah menjadi primadona di setiap kota dengan kelezatan mienya yang tidak tertandingi. Di balik kelezatan mie tersebut. ada strategi marketing yang berhasil memikat hati para konsumen. Pada artikel ini, kita akan mengintip trik marketing yang digunakan oleh Mie Gacoan yang dapat kita tiru. Mari kita simak bagaimana restoran ini mampu menjadi begitu populer di hati konsumen.
1. Harga Affordable
Mie Gacoan terkenal dengan menu mie pedas berlevelnya dengan beragam menu dimsum sebagai pendampingnya. Menu yang dijual di restoran ini memiliki harga yang terjangkau bahkan dapat dikatakan murah. Mie ini memiliki fokus target pada pasar mahasiswa, keluarga, pekerja kantoran, dan masyarakat yang memiliki keinginan berkuliner namun dengan anggaran yang terbatas. Hal ini juga memudahkan dalam merancang strategi marketing karena telah mengetahui target market yang dituju.
2. Lokasi dan Teknik Ekspansi yang Strategis
Lokasi Mie Gacoan terletak dekat dengan pelanggan setia mereka. Pemilihan lokasi untuk ekspansi pada restoran ini melibatkan adanya analisis pasar serta penyesuaian berdasarkan feedback atau ulasan pelanggan dan tren pasar. Dengan melibatkan target pasar dalam pemilihan lokasi ekspansi, maka Mie Gacoan akan menjangkau lebih banyak pelanggan serta dapat memperluas pasar mereka. Sehingga jika kita dapat memaksimalkan potensi lokasi yang tepat, maka kita dapat mengoptimalkan penjualan produk kamu secara offline serta dapat membangun customer relationship yang lebih kuat.
Baca Juga: Strategi Sukses Mie Gacoan: Terobosan Dahsyat! Harga Terjangkau, Omzet Melejit!
3. Penawaran Khusus dan Promo Diskon
Resto ini sering menawarkan penawaran khusus bagi pelanggan mereka. Penawaran tersebut berupa diskon atau promo menu bundling. Cara ini menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Sehingga strategi ini dapat diterapkan di bisnis kamu untuk menarik minat pelanggan maupun calon pelanggan untuk membelinya.
4. Menghadirkan Hal yang Membuat Penasaran
Menu utama yang ditawarkan resto ini adalah mie pedas dengan berbagai tingkat kepedasan yang bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Sehingga rasa pedas itulah yang membuat orang-orang penasaran dengan rasanya. Lalu banyak influencer yang mengadakan challenge untuk dapat makan mie ini dengan tingkat kepedasan yang tinggi membuat orang-orang menjadi penasaran dan ikut membelinya. Strategi ini secara tidak langsung akan menguntungkan bisnis kamu dengan minimnya cost marketing yang dikeluarkan.
Baca Juga: Lima Rekomendasi Kuliner Pedas di Malang, Cocok Disantap Bareng Keluarga
5. Mengoptimalkan Ragam Produk yang Terbatas Namun Diminati Oleh Pelanggan
Produk utama yang ditawarkan Mie Gacoan adalah mie dan dimsum yang memiliki bahan dasar yang sama berupa tepung. Lalu Mie Gacoan menghadirkan berbagai pilihan menu dari dimsum seperti pangsit, udang keju, udang rambutan, dan dimsum yang menggunakan adonan yang serupa. Menu ini divariasi dengan beragam agar pelanggan memiliki beragam pilihan yang dapat dibeli. Sehingga dengan adanya keterbatasan variasi produk, mereka menciptakan variasi yang hanya dibutuhkan dan diminati oleh pelanggan saja yang dapat menekan biaya operasional yang digunakan.
Dengan citarasa yang memikat, harga yang ramah di kantong, ragam pilihan menu yang menggugah selera, serta lokasi yang strategis, Mie Gacoan telah berhasil menciptakan magnet tersendiri bagi para pelanggan. Keberhasilan Mie Gacoan tidak terlepas dari kombinasi strategi pemasaran 4P yaitu promotion, place, product, dan price. Penerapan strategi tersebut dapat membantu bisnis kamu untuk berkembang dan sukses. Sehingga itu tadi adalah strategi pemasaran Mie Gacoan yang bisa diterapkan pada bisnis kamu. Siapa tahu kamu bisa menyusul kesuksesan Mie Gacoan setelah menerapkan. Semoga membantu!
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Penulis : Malicha Allena (Magang)
editor: jatmiko