MALANG, tugumalang.id – Komunitas Gayatri LC UMKM bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pelatihan sekaligus pendampingan kepada para pelaku UMKM. Mereka tergabung dalam komunitas Gayatri LC, UMKM dalam bidang digital marketing. Acara tersebut digelar di Pendopo Kecamatan Wajak pada Kamis (21/09/2023).
Acara pelatihan dan pendampingan ini dihadiri 20 anggota perempuan pelaku usaha anggota Gayatri LC yang telah ditentukan di batch 1 ini. Batch berikutnya FEB UM akan melakukan lagi dengan mengerahkan kepiawaian para mahasiswa FEB UM jurusan Pendidikan Ilmu Bisnis.
”Para mahasiswa diharapkan bisa melatih dan mendampingi para pengusaha perempuan di desa terkait digital marketing selama tiga minggu. Sehingga bisa menghasilkan sembilan produk terkait digital marketing,” ungkap Dr. H. Ludi Wishnu Wardhana, ST., S.Pd., SE., MM., yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S2 dan S3 Pascasarjana FEB UM yang hadir pada kegiatan tersebut.
Sedangkan founder dari Komunitas Gayatri LC UMKM sekaligus Kepala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) LC Excellent, Risa Elvia, S. Ag., M.Pd. menjelaskan bahwa program pendampingan ini sudah lama dinantikan para perempuan pelaku usaha di desa. Khususnya ibu-ibu yang masih minim dalam hal digital. Sehingga mereka membutuhkan peran generasi muda sebagai aktor yang bisa mendampingi. Agar mampu membawa perubahan dalam pengembangan usaha mereka menuju usaha digitalisasi.
Perempuan kandidat Doktor Pendidikan Masyarakat/PLS (Pendidikan Luar Sekolah) FIP UM ini bercerita kronologi, sehingga tercapai kerja sama dengan FEB UM serta harapan-harapannya pada program pendampingan ini.
”Kami berharap para mahasiswa yang notabene adalah generasi Z yang sangat fasih dalam teknologi dapat mendampingi para perempuan pelaku usaha di desa terkait digital marketing agar produk-produk para perempuan UMKM bisa naik kelas. Sehingga melalui digital marketing ini pemasaran produk mereka bisa lebih luas karena di era digitalisasi ini pemasaran secara digital dianggap lebih mudah dan lebih murah.”
Pelaku UMKM dari komunitas Gayatri LC sangat antusias mengikuti pelatihan digital sekaligus dilanjutkan dengan pendampingan dan visitasi ke rumah produksi masing-masing pelaku UMKM.
Diharapkan dalam dua hingga tiga minggu ini para mahasiswa FEB UM dapat mendampingi ibu-ibu pelaku usaha dalam sembilan projek digital marketing. Di antaranya membuat video profil produksi, flyer produk, channel youtube, Instagram bisnis, WA bisnis, FB bisnis, membuat Tik Tok, Google bisnis, dan marketplace bagi produk mereka masing-masing.
Kemampuan digital marketing dinilai menjadi kebutuhan bagi para pelaku usaha khususnya UMKM, untuk dapat mengimbangi kemajuan teknologi informasi yang sangat besar dan banyak digunakan untuk berbisnis.
Kembali Ludi, selaku perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang mengatakan, para pelaku UMKM saat ini bahkan harus berhadapan langsung dengan tantangan besar dalam dunia bisnis. Tidak hanya bisa membuat produk namun juga memasarkan produk tersebut yang salah satunya melalui digitalisasi.
Kegiatan ini (digital marketing) sangat dibutuhkan para pelaku UMKM agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu mereka Juga dapat melihat bagaimana pergerakan pasar dan kesesuaian produk yang dihasilkan agar mampu bertahan.
Melihat manfaat yang sangat besar, maka para peserta sangat antusias mengikuti arahan dan penjelasan dari narasumber ahli yang menjadi pemateri pada pelatihan kali ini. Mereka bersiap mengikuti kegiatan dampingan yang akan dilakukan mahasisawa FEB UM di rumah produksi masing-masing. Selain itu hadir dalam kegiatan tersebut yakni Sekcam Wajak, Ir. Boedi Tjahjono, yang ikut bangga dan memberikan apresiasi pada kegiatan siang tersebut.
BACA JUGA: Berita tugumalang.id di Google News
editor: jatmiko