Malang, tugumalang.id – Konsep Sport Tourism atau wisata olahraga menjadi spirit KONI Kota Malang dalam upaya mewujudkan Kota Malang sebagai kota olahraga atau Sport City. Muara tujuan Sport Tourism yakni menciptakan ekosistem wisata olahraga yang mampu memberikan dampak kesejahteraan masyarakat luas.
Sport Tourism adalah fenomena di mana wisatawan melakukan perjalanan untuk berpartisipasi atau menyaksikan event olahraga. Dalam konteks ini, wisatawan juga ada yang memilih tujuan wisata berdasarkan kegiatan olahraga yang ada di sekitar destinasi tujuan.
Hal itu tentu menciptakan peluang bagi industri pariwisata untuk mengembangkan produk seperti paket perjalanan yang menawarkan pengalaman olahraga yang unik dan menarik bagi para wisatawan.
Baca Juga: Gencarkan Sport Tourism dan Penjaringan, PBSI Gelar Kejurkot Bulutangkis Wali Kota Malang 2023
Selain itu, Sport Tourism juga bisa menjadi sarana untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan aktif kepada masyarakat lokal. Kemudian juga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi lokal melalui penjualan tiket, akomodasi, makanan dan souvenir terkait dengan kegiatan olahraga.
“Sport Toirism dan Sport City tak sekedar menggelar event olahraga, namun juga mengadirkan hiburan. Muaranya tentu juga untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat Kota Malang,” kata Djoni Sujatmoko, Ketua KONI Kota Malang.
Adapun potensi Sport Tourism di Kota Malang yakni infrastruktur olahraga yang memadai, cuaca Kota Malang yang nyaman, keragaman olahraga hingga keanekaragaman budaya dan kuliner yang menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan.
Djoni mengatakan bahwa Sport Tourism juga dapat menjadi wadah sekaligus meningkatkan jam terbang para atlet. Kemudian bisa menjadi pilihan wisatawan mencari tujuan wisata.
Dikatakan, konsep Sport Tourism akan terus digaungkan di Kota Malang hingga terwujudnya Sport City atau kota olahraga.
Baca Juga: Gaungkan Sport Tourism di Kota Batu Lewat Kejuaraan Paralayang Liga Jatim Seri IV
Melalui gelaran event Sport Tourism, bakal menarik peserta, penonton dan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Malang. Dampaknya, perhotelan, kuliner dan pusat oleh oleh atau UMKM di Kota Malang juga akan bergeliat.
Sejauh ini, upaya optimalisasi potensi Sport Tourism diantaranya adalah menggelar event olahraga lokal dan internasional secara teratur. Kemudian meningkatkan fasilitas dan insfrastruktur olahraga di Kota Malang.
Selain itu, pihaknya juga mengundang investor untuk berkolaborasi mengembangkan produk UMKM di Kota Malang.
“Kami ingin ke depan, Kota Malang menjadi Sport City. Olahraga menjadi budaya masyarakat, sehingga kita nanti akan melihat orang orang di jalanan Kota Malang, di mal, atau di manapun membawa peralatan atau berpakaian olahraga. Itu akan sangat menarik,” tandasnya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter: M Sholeh
editor: jatmiko