Malang, Tugumalang.id – Mahasiswa Vokasi UMM kembali meraih prestasi tingkat nasional. Prestasi itu ditorehkan Mahasiswa Vokasi Perbankan dan Keuangan UMM. Terbaru, berhasil menyabet juara 3 role play customer service yang digelar di UPN Veteran Jakarta yang bertajuk Banker’s Day 2023.
Ajang bergengsi itu dimenangkan Faridhotul Hikmah mahasiswa Vokasi Perbankan Angkatan 2021. Bahkan, untuk memenangkan ini Faridhotul mengatakan tidak ada persiapan khusus.
Semua itu, kata dia hasil dari pembelajaran di Fakultas Vokasi UMM di mata kuliah praktik customer service mulai sikap, keramahan, greeting, mendengarkan, profiling, cross selling, penutup.
”Sesuai SOP perbankan yang sudah diberikan dosen dan praktisi. Tantangan adalah problem solving terus berkembang seiring semakin kompleknya produk jasa perbankan. Terlebih nasabah yang minta layanan ‘lebih’ itu harus di lakukan profilling dengan cepat,” jelas Faridhotul.
Raihan juara nasional berturut-turut membuktikan kompetensi unggul telah dimiliki mahasiswa, lantaran pembelajaran dilakukan langsung di industri perbankan yang dimiliki UMM. Sehingga mahasiswa sudah terbiasa menghadapi problem-problem nasabah dan memberikan solusi sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ada.
Baca Juga: Diuji OJK dan LPS, Mahasiswa Vokasi UMM Sabet Juara di Olimpiade Vokasi Indonesia 2023
Tidak sebatas itu saja, permasalahan nyatanya terus berkembang dan penyelesaian juga melihat dari kasus yang ada. Kadang permasalahan itu bisa muncul akibat dari pihak eksternal yang berdampak pada nasabah.
”Dalam hal ini, mahasiswa sudah memiliki kemampuan communication skills yang baik, mampu mengorganisasi para pihak terlibat untuk memberikan layanan yang terbaik,” jelas Ketua Laboratorium Terapan Prodi D3 Perbankan dan Keuangan, Eris Tri Kurniawati, SE, MM, Ak, sekaligus Auditor di BPRS A3S-UMM.
Mahasiswa multi talenta dibentuk sejak dini dengan alur aliran kurikulum mata kuliah praktikum dan pelatihan soft skill secara bertahap. Sehingga mahasiswa sudah siap bila ada gelaran kompetisi atau diterjunkan ke lapangan project bersama BPRS A3S untuk menghadapi nasabah.
”Word of mouth adalah salah satu teknik marketing inbound terefektif guna menggaet konsumen dan menyelesaikan problem konsumen,” ungkap Eris.
Sementara itu, Kaprodi Perbankan dan Keuangan Syamsul Hadi, SE. M.Si menambahkan seorang customer service tentunya reliable akan produk produk dan turunan yang dimilikinya. Namun, tantangannya adalah saat mensupervisi nasabah.
”Maka kami harus melakukan cross selling produk sesuai profile nasabah, kami akan transformasi layanan ke wealth management jika potensi nyata atas profile nasabah sesuai tujuan keuangan nasabah,” kata Syamsul.
Menariknya, justru ketika CS mampu dengan cepat memprofile nasabah dan menemukan kesesuaian layanan dan dipadukan digital service, hasil riset menunjukkan wealth customer membutuhkan direct asistence finance dengan cepat oleh customer service, lebih mengarah ke private banking yang unique.
Baca Juga: Belajar Lebih Dekat, Mahasiswa Vokasi UMM Kuliah di Kawasan Industri JIIPE Gresik
”Ini adalah viral di industri perbankan saat ini dan mendatang, dan output alumni kami mencapai kemampuan bekerja di wealth management. Alumni demikian kita juga lakukan kegiatan Alumni Talk Series# untuk mentransformasi nilai lebih ke adik adik kelas,” terangnya.
Faridhotul Hikmah semakin melengkapi daftar prestasi di Fakultas Vokasi Perbankan dan Keuangan UMM. Sebelumnya, di ajang National Banking Competition (NBC) 2023 yang dihelat di Kampus Vokasi Universitas Indonesia (UI), Vokasi UMM memperoleh Juara 3 Kategori Layanan Customer Service Bank dan Juara Harapan 2 Kategori Layanan Teller Bank.
Berlanjut prestasi Juara Harapan 2 tingkat nasional di Kategori Lomba Creative Poster. Poster berjudul ‘Financial Well Being Sandwich Generation‘s di uji oleh OJK dan LPS yang diadakan di Universitas Negeri Solo (UNS).
BACA JUGA: Berita tugumalang.id di Google News
reporter: ulul azmy
editor: jatmiko