MALANG, Tugumalang.id-Dosen Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada Selasa (7/6/2022) bertajuk ‘Pemaparan Digital Marketing Mindset dan Perilaku Konsumen Era Digital Pada Rumah Sakit Swasta di kabupaten Malang’.
Acara tersebut diadakan di Hall RS Mitra Delima Kabupaten Malang. Sejak pukul 09.00, puluhan jajaran staff dan manajemen antusias mengikuti acara. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran bagi staf dan manajemen akan pentingnya pemasaran digital khususnya di bidang Kesehatan.
“Seringkali manajemen RS merasa tidak perlu melakukan pemasaran digital dan hanya berfokus pada pemasaran offline, padahal data menunjukkan bahwa jutaan masyarakat Indonesia sudah aktif sebagai pengguna internet dan ini adalah lahan pemasaran yang sangat penting untuk dikelola maksimal sebagai alternatif media promosi layanan kesehatan,” ujar Shofi Nur rahmah, S.E., M.M. Dosen PS MMRS FKUB selaku pemateri.

Shofi Nur Rahmah dalam pemaparan materi tentang perilaku konsumen di era digital menyampaikan bahwa era saat ini rumah sakit diharapkan memiliki “master plan” pemasaran yang tidak hanya berfokus pada pemasaran konvensional, namun juga mulai mengembangkan secara aktif pemasaran digital melalui website, media sosial dan platform pemasaran digital lainnya.
Diharapkan kesuksesan dalam memahami perilaku konsumen digital akan membantu mempermudah segala aktivitas baik kinerja perawat, dokter maupun aktivitas pasien dan tamu.
Peserta yang hadir juga aktif bertanya beragam hal, salah satunya mengenai bagaimana memulai pemasaran digital dan bagaimana mengalokasikan konten dan biaya pemasaran online. “Saya jadi semakin jelas mengenai pentingnya website dan SEO. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperluas pasar sasaran,” Ungkap salah seorang peserta.
Perubahan pola pemasaran ini saat ini secara langsung menimbulkan pergeseran perilaku konsumen yang pada akhirnya memiliki pola pandang baru mengenai perilaku konsumen era digital.
Keberadaan dari internet telah memberdayakan masyarakat dan menyadarkan tentang ketersediaan produk dengan kualitas lebih baik dengan harga terjangkau, terutama dibidang layanan Kesehatan/Rumah sakit.
Rumah sakit memiliki fungsi sebagai institusi yang memberi pelayanan kesehatan secara paripurna dengan menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat. Selain fungsi sosial, rumah sakit juga memiliki fungsi bisnis dalam industri jasa kesehatan. Fungsi bisnis ini yang akan membuat sebuah rumah sakit dapat bertahan dalam persaingan ekonomi.
Acara berlangsung semarak dengan banyak nya sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian sertifikat kepada para narasumber. Kedepan acara ini akan menjadi event rutin yang diadakan oleh Prodi MMRS guna memberikan manfaat dan berbagi ilmu kepada seluruh masyarakat umum, khususnya berkaitan dengan Manajemen Rumah Sakit.(*)
editor: jatmiko