Malang, Tugumalang.id – PT Bank BTPN Syariah Tbk mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun-tahun terakhir di 2024. Hal ini tak lepas dari dukungan seluruh pihak dalam membangun perilaku unggul bagi masyarakat inklusi, yakni Berani Berusaha, Disiplin, Kerja Keras dan Saling Bantu (BDKS).
Direktur BTPN Syariah Fachmy Achmad menerangkan jika pihaknya telah berhasil mencetak laba bersih mencapai Rp1,06 triliun. Pada 2024 mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,06 triliun dengan penyaluran pembiayaan sebesar Rp10,2 triliun.
Baca Juga: BTPN Syariah Masih Catat Kinerja Baik Tangani Nasabah Ultra Mikro di Situasi Sulit
Sementara, rasio keuangan Bank tetap kuat, di mana Return on Asset (RoA) 6,3 persen. Selain itu, rasio kecukupan modal (CAR) 53,2 persen atau jauh di atas rata-rata industri sehingga ketahanan BTPN Syariah sangat terjaga.
Upaya membangun perilaku unggul adalah kunci bagi nasabah pembiayaan dapat bertahan dalam situasi apapapun. Pihaknya berterima kasih dengan keterlibatan semua pihak yang telah mendukung fokus kami dalam melayani masyarakat inklusi terutama di masa menantang ini sehingga realisasi kinerja BTPN Syariah sesuai harapan.
”Semoga fokus Bank dalam membangun perilaku unggul bagi masyarakat inklusi dapat berdampak nyata terhadap usaha nasabah ke depannya dan membuat hidup masyarakat inklusi lebih berarti,” harapnya.
Baca Juga: Wabup Malang Apresiasi Program Umrah Satu Pesawat BTPN Syariah
Fachmy menjelaskan pihaknya menyadari dalam melayani masyarakat inklusi dibutuhkan keterlibatan dari berbagai pemangku kepentingan terutama dalam membangun perilaku unggul.
Di mana hal itu menjadi kunci bagi masyarakat inklusi untuk bertahan dalam berbagai situasi. Bank bahkan memperkuat komitmen ini di seluruh lini operasional dengan memberikan pendampingan intensif melalui peran Bankir Pemberdaya, pemberian insentif hingga apresiasi bagi nasabah konsisten menerapkan perilaku unggul.
Bankir Pemberdaya, khususnya Community Officer (CO) berperan sebagai garda terdepan dalam melayani masyarakat inklusi secara langsung melalui kumpulan (Pertemuan Rutin Sentra/PRS).
Mereka bertugas emberi pendampingan kepada ibu-ibu dengan modul yang relevan sesuai kondisi ultra mikro, sekaligus menjadi role model bagi nasabah dalam menerapkan perilaku unggul BDKS.
Nasabah pembiayaan yang telah menerapkan BDKS pun menopang kinerja BTPN Syariah di 2024. Kedisiplinan mereka hadir di kumpulan, serta kesolidan hubungan yang dibangun antar nasabah berperan dalam menjaga kualitas pembiayaan Bank.
Melalui berbagai pendampingan serta insentif dan apresiasi salah satunya berupa program umrah satu pesawat bagi sentra yang berprestasi, ternyata mampu menjadi penyemangat bagi mereka hadir kembali di kumpulan yang menjadi wadah bagi Bank dalam memberikan pelayanan dan pemberdayaan.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter : M Ulul Azmy
redaktur: jatmiko