Khusus D4 Skema Baru Ujian Masuk Polinema Tahun 2021

  • Whatsapp
Politeknik Negeri Malang

MALANG  – Politeknik Negeri Malang (Polinema) memiliki skema baru penerimaan mahasiswa baru tahun 2021. Karena Polinema bergabung dengan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Sehingga khusus jenjang D4 bisa menjadi pilihan di SNMPTN dan SBMPTN.

Sebelumnya seleksi nasional jenjang D4, melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN).

Pembantu Direktur I Polinema, Supriatna Adhisuwignjo,S.T, M.T mengatakan, sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2020, program sarjana dan sarjana terapan bergabung pada penerimaan mahasiswa baru yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

“Hal ini juga merupakan kesepakatan pada pertemuan Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI),” jelasnya.

Dengan sistem ini, maka Polinema perlu memasukkan data daya tampung, SK Pendirian Prodi dan proporsi SNMPTN dan SBMPTN.

Sedangkan untuk jenjang Diploma III (D-III), Polinema dengan 43 Politeknik Negeri se-Indonesia menyelenggarakan secara serentak dengan sistem terpadu Jalur SNMPN.

” Karena di Permendikbud No 6 Tahun 2020 tidak mengatur tentang penerimaan jenjang D-III. Maka untuk jenjang ini tetap menggunakan jalur SNMPN dan SBMPN yang dikelola oleh FDPNI,” terangnya.

Oleh sebab itu, penyelenggaraan seleksi terpisah antara LTMPT dan FDPNI. Begitu juga dengan jadwal penyelenggaraan. Saat ini, jurusan D4 Reguler Politeknik Negeri Malang (Polinema) Masuk SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Dia menyebutkan bahwa jalur SNMPTN dan SNMPN adalah jalur prestasi yaitu dengan mengunggah portofolio terkait nilai rapor, prestasi akademik dan non akademik.

Supriatna menambahkan Kelas Internasional dan Program Double Degree, penerimaan jenjang D4 Kelas Internasional dan Program Double Degree akan dilaksanakan melalui jalur tersendiri. Sebab SNPMTN hanya difokuskan untuk jenjang D4 reguler dan SNMPN hanya dikhususkan untuk jenjang D-III.

Baca Juga  Dosen Unikama Terpilih Menjadi Tim Penilai PKM Dikti Jalur Undangan

“Untuk program Kelas Internasional dan Double Degree untuk jenjang D4, Polinema akan membuka jalur sendiri yang terpisah dari SNMPTN dan SNMPN,”imbuhnya.

Adapun pengumuman terkait waktu pendaftaran, syarat dan tahap tes akan diinformasikan lebih lanjut. Kuota penerimaan mahasiswa Polinema tahun 2021 sebagai berikut.

Jenjang Magister Terapan, D4, dan D-III sebanyak 3.840-an mahasiswa. Kuota penerimaan jenjang D4 jalur SNMPTN 30 persen, SBMPTN 45 persen siasanya melalui jalur mandiri.

Kemudian untuk jenjang D-III jalur SNMPN 30 persen, SBMPN 40 persen dan selebihnya melalui jalur Mandiri. Pada jalur SNMPTN dan SNMPN juga mengakomodir calon peserta atau siswa yang diterima dan berasal dari keluarga prasejahtera yang memiliki prestasi akademik tinggi sebagai peserta program KIP Kuliah. (ads)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *