MALANG | TuguMalang.id – Kampus perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tentu bakal gencar melakukan promosi pendaftaran mahasiswa baru, jelang memasuki tahun ajaran baru. Berbagai sumber informasi dioptimalkan demi bisa menarik mahasiswa baru tersebut.
Pada umumnya, kampus menebar informasi pendaftaran mahasiswa baru melalui website, sosial media, media pemberitaan, reklame hingga brosur. Tentu informasi didalamnya dirancang semenarik dan seunik mungkin agar informasi tersampaikan ke sasaran.
Berikut cara cara unik promosi kampus di Malang dalam menarik mahasiswa baru. Cara cara unik ini bahkan mampu mengundang reaksi publik untuk lebih jauh mencari informasi kampus lebih detail lagi.
1. Universitas Brawijaya (UB) Malang
Tentu kampus satu ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri. Kualitas Universitas Brawijaya tak perlu diragukan lagi, namanya telah dikenal sebagai kampus terkemuka dan salah satu yang terbaik di Indonesia.
Namun baru baru ini Universitas Brawijaya menjadi perbincangan publik. Pasalnya, sebuah kalimat “Good Looking” tertera dalam informasi yang menjadi salah satu persyaratan pendaftaran mahasiswa barunya.
Sontak kalimat itu membuat publik bertanya tanya. Namun pihak kampus telah menjawab pertanyaan publik itu. Persyaratan itu memang disiapkan untuk dunia kerja bidang perbankan yang juga memang mempersyaratkan hal itu.
Namun tentu Good Looking bukan hanya sekadar persoalan cantik dan ganteng. Tetapi penampilan yang menarik, rapih, bersih, ramah dan tentunya cara berinteraksinya serta kualitas intelektualnya.
2. Universitas Negeri Malang (UM)
Kampus ini memiliki cara yang cukup unik dan menggelitik dalam menarik perhatian publik di promosi pendaftaran mahasiswa barunya. Universitas Negeri Malang (UM) memanfaatkan polemik Good Looking milik Universitas Brawijaya yang tengah diperbincangkan publik.
Melalui media sosialnya, Universitas Negeri Malang menampilkan poster bertuliskan “Gak Perlu GOOD LOOKING Untuk Bisa Menjadi Mahasiswa UM”. Diketahui, kampus ini juga tengah membuka seleksi pendaftaran mandiri jalur portofolio.
Tak pelak, unggahan itu mendapat berbagai macam respon dari netizen mulai cibiran, apresiasi hingga guyonan. Cara Universitas Megeri Malang ini nyatanya cukup ampuh dalam menarik perhatian publik dan tentunya informasi pendaftaran itu bisa tersampaikan ke sasaran.
3. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
Sedikit melebar dari pendaftaran mahasiswa baru, kampus UMM mengunggah poster unik di media sosialnya. Poster itu bertuliskan “Kalo ini MyUMM, Kalo kamu MyEveryting” lengkap dengan logo My UMM dan foto mahasiswi.
Unggahan itu direspon netizen dengan nada guyonan “Apa jadi kolaborasi sama my pertamina min?,” tanya netizen. “Jadi gini, Kak… Kan kita dah punya SPBU tuh,” jawab UMMCampus.
Namun diketahui, kampus ini juga tengah membuka seleksi pendaftaran mahasiswa baru dengan berbagai jalur di tahun ini. Mulai jalur yatim atau yatim piatu, jalur prestasi hingga jalur reguler.
Informasi pendaftaran tersebut juga terpampang dalam sejumlah unggahan kampus UMM di media sosialnya. Tentu informasi itu dikemas dalam poster yang tak kalah menarik untuk bisa tersampaikan kepada sasaran.
Reporter: M Sholeh
editor: jatmiko
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id