MALANG – Sebagai Lanjutan kegiatan Series 1 yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 27 September 2021 maka FEB Unisma Malang menyelenggaran kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Series #2 yang digelar secara luring dan daring, bertajuk “Reorientasi Kurikulum Dan Manajemen Pembelajaran Berbasis MBKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa”.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 4 Oktober 2021. Kegiatan FGD ini dilaksanakan dalam rangka hibah Kemendikbud Ristek yang telah dimenangkan FEB Unisma Prodi manajemen dan akuntansi. Narasumber pada FGD kali ini adalah Drs. B. M. Purwanto,MBA., Ph.D dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM Yogyakarta.
Dalam sambutannya, Dekan FEB Unisma, Nur Diana, SE., M.Si menyampaikan, kegiatan ini merupakan respon adanya kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan hak kepada mahasiswa selama 3 semester untuk mengikuti 9 program MBKM. Yaitu student exchange, magang, studi independen, proyek desa, asistensi mengajar, entrepreneurship, proyek penelitian, proyek kemanusiaan dan bela negara.
“Kurikulum merupakan nyawa bagi pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan. Selain itu perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan revolusi industri 4.0 dan masalah pandemi, yang menuntut manusia untuk harus beradaptasi dengan kemampuan literasi baru. Meliputi literasi data, teknologi dan manusia, yang berporos kepada berakhlak mulia,” tuturnya.
FEB Unisma, lanjut Diana, telah menjalankan upaya-upaya rekonstruksi kurikulum sejak tahun 2020. Yaitu kurikulum selaras kebutuhan Era Revolusi Industri 4.0. Saat ini tiga program studi yaitu Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syariah pada tahapan kegiatan finalisasi implementasi MBKM. Dimana tahapan kurikulum yang dibuat merupakan penyesuaian dan antisipasi perkembangan keilmuan dan dunia kerja, dan juga untuk semakin mendekatkan antara pembelajaran di kampus dan ketika memasuki dunia kerja.
”Untuk itu Kedatangan Pakar yaitu Drs. B. M. Purwanto,MBA., Ph.D merupakan tim Kurikulum OBE Kemendikbud dan Komite Kurikulum UGM Yogyakarta sangat penting untuk melakukan review kulikulum MBKM pada ini perlu memantapkan lagi dengan melibatkan seluruh komponen dalam reorientasi Kurikulum dan manajemen Pembelajaran Berbasis MBKM.” jelas Diana Dalam sambutannya
Sementara itu Drs. B. M. Purwanto,MBA., Ph.D selaku narasumber banyak mengulas peran mengenai Misi dan Visi Perguruan Tinggi, Fakultas hingga Program studi Sebagai Landasan dalam berkarya, dimana Misi organisasi mendeskripsikan tujuan, pemangku kepentingan, nilai-nilai dan keyakinan. Sedangkan Visi menggambarkan aspirasi organisasi di Masa depan.
Menurut Purwanto, keselarasan Misi sebagai Landasan, seperti apakah Misi sudah selerasan dengan Fakultas/Prodi dan apakah kegiatan fakultas sudah memberi dampak yang sesuai dengan Misi Fakultas/Prodi.
”Profil Lulusan, Atribut Lulusan, Capaian Pembelajaran dan Outcome Based Education meliputi perancangan kurikulum, asesmen, dan pelaporan dalam proses pendidikan untuk merefleksikan capaian pembelajaran dan penguasaan materi pembelajaran. Daripada sekedar akumulasi kredit matakuliah dan struktur matakuliah dan kurikulum dirancang untuk mencapai kapabilitas atau kualitas,” pungkasnya.