Tugumalang.id – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, meminta semua jajaran ASN Kota Batu, Jawa Timur, untuk turut berkontribusi meningkatkan ekonomi pariwisata. Caranya dengan menjadi marketing pariwisata.
Gencarnya promosi baik secara online dan bahkan lisan akan membuat nama Kota Batu semakin dikenal sebagai destinasi wisata favorit, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Aries menyampaikan paparan keterlibatan ASN sangat penting dalam memajukan daerah. Dan, ini harus menjadi terobosan dalam pendayagunaan ASN untuk terlibat langsung dalam perkembangan daerah.
“Meski saya baru 3 minggu menjadi Pj Wali Kota Batu, namun melihat langsung perkembangan Kota Batu sebagai Kota Wisata, maka kami berkomitmen bersama seluruh ASN untuk menjadi marketing pariwisata di Kota Batu,” paparnya, Kamis (9/2/2023).
Bahkan, lanjut Aries, ASN juga harus terlibat dalam program prioritas daerah termasuk berperan aktif di berbagai program kegiatan yang mendukung pariwisata antara lain menjaga kebersihan dan keindahan kota.
Penjelasan itu disampaikan Aries saat menjawab pertanyaan Kepala Pusat Pendayagunaan Jabatan Fungsional dan Teknis BPSDM Kemendagri RI, Anggar Pramudiani Widyaningtyas, terkait dengan branding Kota Batu.
Branding sebagai kota pariwisata, lanjut Aries, benar-benar dijalankan Pemerintah Kota Batu secara masif. Bukan hanya melibatkan seluruh ASN, tetapi setiap desa dan kelurahan bertumbuh dengan menampilkan pariwisata sesuai potensi unggulannya.
“Kami memiliki 19 desa dan 5 kelurahan, semua masing-masing memiliki wisata unggulan karena kepala desa dan lurahnya sangat kreatif dan penuh inovasi. Jadi seluruh SDM harus mendukung Kota Batu sebagai kota wisata,” jelasnya.
“Rencana terdekatnya, pihaknya akan membuat program ‘Seminggu Untuk Wisatawan,’ untuk menarik wisatawan tinggal lebih lama di Kota Batu,” imbuh pria yang juga menjabat Kepala BPSDM Jatim itu.
Reporter: M Ulul Azmy
Editor: Herlianto. A