Akreditasi Perpustakaan SMPN 4 Kepanjen Raih Nilai A

  • Whatsapp
Zoom meeting pustakawan SMPN 4 Kepanjen.

MALANG – Akreditasi perpustakaan SMPN 4 Kepanjen berhasil meraih nilai A. Sebelumnya sekolah tersebut melakukan visitasi daring akreditasi perpustakaan tanggal 27 Oktober 2020 di ruang Perpustakaan untuk pertama kalinya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Malang hanya memilih 9 sekolah salah satunya SMPN 4 Kepanjen.

Kepala sekolah SMPN 4 Kepanjen Drs Suprianto M.Pd mengatakan bahwa kegiatan berlangsung melalui zoom meeting, dengan memaparkan beberapa materi yang disampaikan ke tim akreditasi sekolah.

” Sudah dibagi masing – masing tim yang akan presentasi,”ujarnya.

Adapun presentasi yang akan disampaikan diantaranya visi misi perpusatakaan, pengembangan koleksi, kondisi gedung, pelayanan penyelengaraan dan pengelolaan. Kegiatan berlangsung selama dua jam dengan menjawab 84 pertanyaan.

Zoom meeting pustakawan SMPN 4 Kepanjen.

” Ada 84 pertanyaan yang ada di instrumen dapat dijawab dengan baik beserta bukti fisik yang ditunjukkan oleh petugas,”terangnya.

Suprianto menyebutkan jika berkat usaha keras dengan memperbaiki sistem yang tidak layak, maka tim akreditasi perpustakaan nasional memberikan nilai A.

” Alhamdulillah kami bisa mencapai nilai A plus berarti SMPN 4 Kepanjen telah memenuhi syarat dari 6 penilaian yaitu bidang pengelolaan, sarana dan prasarana, inovasi, koleksi, pelayanan, dan ketenagaan,” terangnya.

Sebelumnya, SMPN 4 Kepanjen terlebih dahulu mengirimkan sebuah dokumen yang mencatat seluruh fasilitas di perpustakaan dan dibuktikan dengan kegiatan visitasi online ini.

” Ini, termasuk kegiatan meminjam buku, kunjungan para siswa, kerja sama perpustakaan dari luar sekolah, dan pembaruan perpustakaan. Dari dokumen ini tim akreditasi bisa menilai benar atau tidaknya dokumen yang diberikan, dengan keadaan perpustakaan  sebenarnya.” katanya.

Nantinya, sekolah yang meraih Predikat A akan mendapat kunjungan akreditasi kembali 5 tahun mendatang. Untuk predikat B 4 tahun, dan C 3 tahun.

” Memang hasilnya belum keluar, namun dari penilaian Tim Akreditasi tadi sudah cukup membuah pihak perpustakaan  optimis,” sebutnya.

Baca Juga  Warga Bunulrejo Bangun Taman Edukasi di Tengah Pandemi

Sementara itu, Rina selaku pustakawan SMPN 4 Kepanjen menghimbau kepada para siswa agar lebih memanfaatkan perpustakaan dengan baik. Sebab, saat ini perpustakaan kini lebih nyaman dan lengkap.

Di tengah pandemi perpustaan tetap melakukan peminjaman tetapi secara online untuk mengakses internet melalui E- Book.

“Harapan saya nanti kalau sudah masuk sekolah, anak-anak bisa sering ke perpustakaan karena perpustakaan sudah sangat wah sekarang ini,”tandasnya.(ads)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *