MALANG, Tugumalang.id – Dua UMKM di Malang berhasil lolos ke tahap 30 besar BRIncubator yang digelari tahun 2024 lalu, yaitu Candyco dan Rumah Ceria. Kedua UMKM yang masuk di kategori home décor and craft ini sama-sama mendapatkan pengalaman dan ilmu yang tak ternilai harganya dari BRIncubator.
Pemilik Candyco, Putri Ruswandani mengatakan ia mendapatkan banyak ilmu dari mentor-mentor yang mengisi training. Di program ini, ia juga berhasil menyabet Juara 1 dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai untuk menambah permodalan.
Baca Juga: Rumah BUMN Kota Malang by BRI, Wadah bagi UMKM untuk Kembangkan Potensi
“Saya nggak menyangka bisa lolos hingga ke 30 besar dan bertemu dengan mentor-mentor yang hebat,” ujar Putri.
Usai lolos ke 30 besar, Putri mengikuti pelatihan yang digelar setiap Selasa dan Kamis melalui zoom. Pelatihan tersebut berisi ilmu-ilmu yang bisa diterapkan oleh UMKM untuk naik kelas.
“Di pelatihan marketing, dijelaskan strategi pemasaran dan apa saja yang harus dilakukan. Ada juga pelatihan untuk manajemen tim,” kata Putri.
Baca Juga: Bazzar Ramadhan 2025 BRI Malang, Banjir Berkah bagi UMKM dan Nasabah
Setelah menyelesaikan seluruh pelatihan, Putri mengikuti tahapan pitching untuk menentukan pemenang BRIncubator. Bisnis rajut miliknya, Candyco berhasil memenangkan program yang diikuti oleh UMKM di seluruh Indonesia ini.
Hal serupa diungkapkan pemilik Rumah Ceria, Eva Maria Yuli Astuti. Perempuan yang gemar berkarya menggunakan kain perca ini juga berhasil lolos ke tahap 30 besar BRIncubator di tahun 2024.

“Saya tertarik ikut BRIncubator karena saya butuh banyak masukan dan ilmu untuk mengembangkan bisnis saya,” kata Eva.
Bahkan, ia sempat tertarik mengikuti kembali BRIncubator di tahun 2025 untuk menambah ilmu. Sayangnya, peserta yang pernah mengikuti BRIncubator tidak bolah mendaftar kembali di tahun ini.
Menurut Eva, ia mendapatkan banyak ilmu dari BRIncubator, terutama untuk marketing. Selama training, ia belajar tentang foto produk yang menarik, membuat story telling, dan membuat story board.
“Awalnya saya nggak pernah buat story board, sekarang jadi buat,” kata Eva.
Ilmu ini ia nilai sangat bermanfaat karena ia sempat merasa terkendala dalam mempromosikan produknya secara online. Berkat masukan-masukan dari para mentor, Eva mulai membenahi strategi marketing untuk produk-produknya.
“Next project, saya mau lebih mengembangkan pemasaran secara online supaya produk saya lebih dikenal orang,” pungkasnya.
Saat ini, BRIncubator tahun 2025 telah dibuka pendaftarannya. Program ini bisa diikuti oleh UMKM yang masuk dalam kategori food and beverages, fashion and beauty, serta home décor and craft.
Beberapa syarat lainnya adalah usaha milik sendiri dan telah berdiri minimal enam bulan, anggota aktif Rumah BUMN BRI, aktif dalam penjualan di e-commerce, memiliki legalitas usaha NIB, merupakan nasabah BRI, serta berkomitmen mengikuti rangkaian program.
Pendaftaran dibuka hingga 31 Mei 2025. Bagi UMKM yang tertarik untuk bergabung, bisa mendaftar di linkumkm.id/brincubator.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Reporter: Aisyah Nawangsari Putri
Editor: Herlianto. A