Tugumalang.id – Dua media terverifikasi dewan pers yakni Tugumalang.id dan Timesindonesia.co.id, menyerahkan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Malang.
Total CSR yang diserahkan tersebut masing-masing senilai Rp 100 juta oleh masing-masing media. Dengan demikian, total ada nilai Rp 200 juta yang diterima PC GP Ansor.
Penyerahan CSR tersebut diserahkan di Aula PCNU Kota Malang, Jalan KH Hasyim Asy’ari, Kota Malang, Jumat (28/2/2025). Selain penyerahan CSR tersebut, juga digelar pelatihan menulis berita yang diisi oleh Wakil Pemimpin Redaksi Times Indonesia Wahyu Nurdianto dan Management Media Sosial Berbasis AI yang diisi oleh General Manager dan Kepala Media Sosial Tugumalang.id Rubianto.
Baca Juga: GP Ansor Kota Malang Terjunkan Banser untuk Pengamanan Perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025
CSR yang diberikan dua media berpengaruh ini bukan berupa uang. Tapi, kuota pemberitaan kepada PC GP Ansor serta beberapa pelatihan yang bisa meningkatkan kualitas kader.

Pemberitaan dan pengarusutamaan nilai-nilai Ansor dinilai penting, agar organisasi ini semakin relevan dan bermanfaat kepada masyarakat.
Ketua Badan Siber Ansor (BSA) Kota Malang Irham Thoriq dalam sambutannya mengatakan, program kerja sama strategis ini sangat penting karena yang paling bernilai di Ansor ini bukan aset berupa gedung dan lain sebagainya.

”Tapi yang terpenting adalah kualitas manusianya, jika manusia maju, maka Ansor akan maju,” kata pria yang juga CEO Tugu Media Group (tugumalang.id dan tugujatim.id) ini.
GP Ansor Kota Malang Terjunkan Banser untuk Pengamanan Perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025
Adapun CSR dari dua media ini diharapkan bisa menjadi pelecut agar PC GP Ansor Kota Malang terus menyebarkan nilai-nilai yang diyakini seperti nilai toleransi, kesetaraan, hingga pemberdayaan kader. Dalam MoU dan pelatihan tersebut, hadir juga perwakilan bidang di PC GP Ansor.
”Sehingga nanti setiap bidang bisa menulis berita sendiri-sendiri, dan mampu menyebarkan apa yang sudah dilakukan agar masyarakat tahu apa yang dilakukan Ansor,” ucap Ketua PC GP Ansor Kota Malang Sugiyanto.
Hadir juga dalam MoU ini adalah Ketua BSA Ansor Jawa Timur Habib Mahdi El Kherid, Pemimpin Redaksi Times Indonesia Yatimul Ainun. Penyerahan CSR ditandai dengan penandatanganan kerja sama yang dilakukan oleh Sugiyanto, Irham Thoriq dan Yatimul Ainun.

Sementara itu, Ketua BSA Jawa Timur Habib Mahdi El Kherid mengatakan, dalam dunia yang serba digital ini, saat ini seolah sudah tidak ada lagi rahasia. ”Makanya kader Ansor harus punya mindset digital, dan melek digital,” katanya.
Sementara itu, narasumber Wakil Pemimpin Redaksi Times Indonesia Wahyu Nurdianto dalam paparannya menjelaskan tentang pentingnya menulis bagi kader Ansor. Menjadi penulis, bukan berarti harus menjadi wartawan.
”Silahkan apapun profesi Anda, dan dengan menulis Anda serta organisasi Anda bisa semakin dikenal oleh masyarakat,” kata Wahyu.
Kurang lebih sekitar satu jam, Wahyu memaparkan materi dan peserta dengan sangat gayeng serta antusias mendengarkan.
Sedangkan Rubianto menjelaskan tentang management dan bagaimana memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk efektivitas kerja di media sosial.
”Dulu voice over suara manusia, sekarang hanya dengan AI kualitasnya tidak kalah, begitu juga untuk melengkapi teks yang kita buat, kita bisa menggunakan chat gpt,” katanya.
Yang paling penting dalam pengembangan media sosial, kata dia adalah perencanaan dan audiens yang hendak disasar. ”Tentukan segmentasi dan apa khas dari media sosial kita, lalu produksi konten, evaluasi, dan lakukan dengan konsisten,” ucapnya.
Baca Juga Berita Tugumalang.id di Google News
Sumber: Rilis Ansor Kota Malang
Editor: Herlianto. A