Mantapkan Internasionalisasi, FEB UNISMA Kirim 41 Mahasiswa Program Student Exchange ke Luar Negeri

  • Whatsapp
Dekan FEB UNISMA Nur Diana SE, MSi bersama jajaran dan mahasiswa FEB UNISMA yang diterima Student Exchange ke UTHM Malaysia.

MALANG — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang kembali mengirimkan 41 mahasiswa untuk belajar ke luar negeri, melalui program virtual mobility yang dilaksanakan secara daring. Para mahasiswa tersebut akan belajar selama satu semester di Faculty of Applied Sciences and Technology, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM).

Mereka yang akan dikirim terdiri atas 17 mahasiswa Program Studi Manajemen, 14 Mahasiswa Program studi Akuntansi dan 10 Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah.

Bacaan Lainnya

Pada 5 April 2021, ke 41 mahasiswa tersebut dilepas Dekan FEB UNISMA Nur Diana SE, MSi secara luring dan virtual. Acara tersebut dihadiri Jajaran Pimpinan FEB UNISMA , Head of International Development Division ( IDD ) FEB UNISMA, Dosen Kelas Internasionla dan seluruh mahasiswa peserta virtual mobility.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, Nur Diana SE, MSi dalam sambutannya di acara “Ceremony of Releasing 41 FEB UNISMA Student to Study at Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia”, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian prestasi mahasiswa FEB UNISMA dalam mendukung program internasional.

 

Dekan FEB UNISMA, Nur Diana.(dok)

”Alhamdulilah upaya-upaya memantapkan program Internasional semakin menunjukkan hasil yang signifikan. IDD FEB UNISMA yang dibentuk tahun 2019 benar-benar mampu memberikan dukungan dalam mendorong kemampuan bahasa asing mahasiswa FEB, melakukan screening dan seleksi internal yang sangat ketat diantaranya seleksi IPK, kemampuan bahasa asing baik secara oral maupun tulisan. Sehingga saat mahasiswa kami kirimkan untuk diseleksi pihak kampus luar negeri bisa lolos,” katanya.

 

Baca Juga  FEB Unisma Gelar Webinar Investasi Aman dan Berkah Untuk Milenial

Menurut Nur Diana, Program internasional yang saat ini dijalankan, menjadi prioritas dan satu upaya FEB UNISMA dalam mendukung Universitas Islam Malang menuju World Class University. Mekipun saat ini di tengah pandemi, usahaa untuk melakukan internasionalisasi tidak pernah terhenti.

 

Lebih Jauh Nur Diana mengatakan, Wujud Internasionalisasi dalam berbagai program di bidang akademik saat ini, menggambarkan besarnya komitmen FEB UNISMA dalam kancah internasional.

”Diantaranya pendirian International Development Division ( IDD FEB UNISMA), sebagai kepanjangan tangan Kantor Urusan Internasional UNISMA, yang memberikan supporting dalam aktivitas yang bersifat internasional, penyediaan laboratorium bahasa asing, Screening kemampuan bahasa asing mahasiswa baru, maupun mahasiswa lama, penyediaan international class, peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan internasional, Penyediaan sarana laboratorium yg sesuai standar internasional, penyelenggaraan konferensi internasional secara tahunan, seperti ICEBUSS, IRCMB, penyelenggaraan guest lecture dan seminar internasional tahunan sesuai bidang studi, pengiriman dosen sebagai visiting lecturer di luar negeri, peningkatan kemampuan dosen dalam penulisan dan publikasi internasional, penguatan kelas internasional melalui guest lecture dan student exchange, peningkatan kegiatan bertaraf internasional,” papar Diana.

 

Head of IDD FEB UNISMA Mr. Erfan Efendy SPd MPd

Diana berharap bahwa dengan semakin gencarnya program student exchange ini, mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional, pengajar dan masyarakat setempat di perguruan tinggi luar negeri, selain mengikuti berbagai kegiatan budaya di perguruan tinggi masing-masing.

“Kami berharap program ini dapat memperkuat jalinan kerjasama antara Universitas Islam Malang dalam mengembangkan kerja sama akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perguruan tinggi di luar negeri, “ jelas Diana.

 

Sementara itu Head of IDD FEB UNISMA Mr Erfan Efendy SPd MPd mengatakan, bahwa IDD menjalankan program sejalan dengan Renstra FEB UNISMA, yang mana fokus pada kegiatan yg bersifat internasional.
Sejak awal berdiri, kata Erfan Efendy, IDD dibentuk untuk mengurusi semua aktivitas baik dosen, mahasiswa maupun kebutuhan FEB yang berkaitan internasionalisasi. Sejak berdiri 2019 telah melakukan berbagai terobosan dalam program internasional diantaranya pada tahun 2019 sudah mengirimkan 20 mahasiswa FEB Unisma outbound mobility ke Thailand, Malaysia dan Singapura.

”Supporting mahasiswa dalam program entrepreneurship Summercamp di Taiwan. Pada tahun 2020 -2021 memgelola program inbound mobility dari Malaysia dan Uzbeskistan serta beberapa mahasiswa asing dari Lybya, Thailand, Timor Leste dan Mesir.. Alhamdulilah berkat dukungan Dekan dan pimpinan program international IDD dalam mendukung misi internasional FEB UNISMA telah mencapi target meskipun saat ini di masa pandemi ” jelas erfan.

Pada tahun ini IDD sedang fokus menggarap International conference tahunan FEB UNISMA baik ditingkatan dosen maupun mahasiswa serta melakukan terobosan kerjasama internasional
Dalam acara tersebut perwakilan mahasiswa peserta mobility programme menyampaikan, bahwa keberhasilan para mahasiswa untuk lolos dalam program ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak. Rasa terima kasih ia sampaikan kepada Dekan, pimpinan FEB Lainya, IDD FEB UNISMA, dosen kelas internaional yang telah mendampingi. Ia memohon do’a agar program tersebut berjalan lancar serta membawa banyak manfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *