Ini Alasan Hobi Membaca itu Penting dan Banyak Manfaatnya

  • Whatsapp
Ilustrasi : Membaca itu penting dan banyak manfaatnya. foto:pixabay

MALANG – Pasti sampai saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang pentingnya membaca dan apa sih manfaat dari membaca. Yuk kita lihat bersama apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membaca. Dilansir dari Uopeople.edu, ada sejumlah alasan utama mengapa membaca itu penting.

Pertama, membaca dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. Sebagai langkah awal, membaca membantu kita memperluas pikiran dan memberi kita lebih banyak ide baru. Membaca telah terbukti menjaga pikiran kita tetap muda, sehat, dan tajam, dengan penelitian yang menunjukkan bahwa membaca bahkan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

Melansir dari alodokter.com, penyakit Alzheimer adalah penyakit otak yang mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan bicara, serta perubahan perilaku secara bertahap.  Kondisi ini banyak ditemukan pada orang-orang di atas 65 tahun.

Studi ini meneliti 294 wanita dan pria lanjut usia berusia 80-an. Mereka diberi tugas yang merangsang mental. Termasuk membaca dan menulis. Mereka juga diberi tes memori dan pemikiran setiap tahun. Di tahun-tahun terakhir mereka untuk melacak perkembangan mereka.

Setelah mereka meninggal, otopsi menunjukkan bahwa mereka yang melakukan aktivitas membaca dan menulis memiliki tingkat penurunan memori yang lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang tidak membaca.

Membaca juga mengembangkan imajinasi dan memungkinkan kita untuk bermimpi dan berpikir dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Selanjutnya, membaca membantu kita untuk berpikir kreatif. Salah satu dari banyak alasan mengapa membaca itu penting adalah karena membaca memungkinkan kita untuk berpikir kreatif. Membaca dapat menginspirasi kamu ketika kamu merasa bosan, sedih, atau jenuh dengan rutinitas mu yang begitu-begitu saja. Membaca dapat membantu memberikan semangat saat sedang jenuh tanpa harus mencari terlalu jauh. Membaca membantu menemukan sisi kreatif dari otakmu, tidak seperti televisi yang benar-benar tidak menggunakan banyak kekuatan otak untuk berpikir kreatif.

Baca Juga  Terdampak Gempa, Sejumlah Sekolah di Malang Selatan Mengalami Kerusakan Cukup Parah

Alasan lain pentingnya membaca, karena membaca dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Jika kamu masih belum yakin tentang pentingnya membaca, atau merasa seolah membaca itu tidak bermanfaat bagi kamu secara pribadi, penting untuk diperhatikan bahwa membaca sebenarnya membantu meningkatkan konsentrasi.

Membaca dapat melatih pikiran kita bagaimana cara untuk fokus dengan benar. Terlebih lagi dalam hampir semua hal yang kita lakukan setiap hari – baik saat kita belajar atau bahkan dalam pekerjaan kita. Kita semua mendapatkan keuntungan dari melatih kemampuan otak kita untuk konsentrasi.

Membaca membantu kita keluar dari kebiasaan ‘multitasking’ yang selalu terjadi setiap hari. Membaca memungkinkan kita untuk benar-benar fokus pada satu hal yang kita lakukan, dan tidak memikirkan hal-hal lain. Kemampuan untuk fokus ini memungkinkan kita untuk lebih berhasil seperti dalam hal pekerjaan.

Mereka yang mampu memusatkan perhatian untuk jangka waktu yang lebih lama dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan menjadi lebih efisien. Yang artinya waktu bekerja menjadi lebih singkat atau dipandang sebagai pekerja yang cakap di lapang kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *