Tugumalang.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengingatkan seluruh jajaran PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematang Siantar, Sumatera Utara untuk terus bergerak selaras visi dan misi yang telah dicanangkan. Hal itu dilakukan demi mencapai kinerja dan pelayanan optimal kepada masyarakat.
Dr Aqua menegaskan hal itu menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran PLN UP3 Pematang Siantar, Kamis 11 Agustus 2022 malam ini.
Kepastian tentang Sharing Komunikasi dan Motivasi di PLN UP3 Pematang Siantar diperoleh saat Rabu malam (10/8/2022) kemarin, Dr Aqua bertemu Manajer PLN UP3 Pematang Siantar Petrus Gading Aji N. P. di Kafe Bros Medan.
Pada pertemuan yang berlangsung hampir tiga jam itu Aji, panggilan akrab Petrus Gading Aji N. P. menyampaikan pada Kamis (11/8/2022) ini pihak melaksanakan rapat kerja. Terkait itu dia mengundang Dr Aqua untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di acara tersebut.
“Selagi Pak Aqua di Medan, saya mau mengundang bapak untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh peserta rapat kerja PLN UP3 Pematang Siantar. Mereka membutuhkannya. Semoga Pak Aqua bisa dan berkenan,” ujar Aji.
Setelah melihat jadwalnya yang lumayan padat selama di Medan, baik untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi maupun silaturahim, Dr Aqua menyampaikan kepada Aji bahwa jadwal luangnya pada Kamis adalah malam hari. Hal ini juga memperkirakan waktu tempuh Medan ke Parapat sekitar tiga jam.
Kepuasan Pelanggan
Sharing Komunikasi dan Motivasi akan berlangsung di Wisma Retta Jl. Marihat, Tiga Raja Kec Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Pada kesempatan kali ini, Dr Aqua menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “The Winner: Tumbuh Handal Efisien Mewujudkan Kinerja Berintegritas Terbaik”.
“Visi yang telah dicanangkan PLN adalah menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan nomor satu pilihan pelanggan untuk solusi energi. Maka, semua perhatian dan energi kerja kita harus fokus dan diarahkan pada pencapaian visi yang mulia tersebut,” lanjut Dr Aqua.
Visi itu, kata doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut dijabarkan dalam beberapa misi yang harus dijalankan. Misi itu adalah menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham. Kemudian, menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
Selanjutnya, mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi. Terakhir, menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.
Empat Program Direksi
Di sisi lain, Manajer PT PLN UP3 Pematang Siantar, Aji menuturkan dalam struktur PLN UP3 terdapat ULP atau Unit Layanan Pelanggan, dulu sebutannya Rayon atau Ranting. Sedangkan Di Unit Induk Wilayah Sumatera Utara terdapat 10 UP3, salah satunya UP3 Pematang Siantar yang membawahi 10 ULP.
Pihaknya, jelas Aji akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Dengan begitu, semakin sedikit masyarakat yang melakukan pengaduan pelayanan ke kantor PLN. Untuk mencapai hal itu, PLN UP3 Pematang Siantar mendukung empat program direksi di UP3 Pematang Siantar.
Pertama, akan terus meningkatkan keandalan listrik. Kemudian, menambah pendapatan, salah satunya kerja sama dengan pemerintah daerah untuk percepatan penerimaan pajak di sektor Pajak Penerangan Jalan (PPJ).
Selain itu, juga ada Electrifying Lifestyle. Program ketiga berupaya keras dalam memanfaatkan peluang untuk meningkatkan penjualan dan meminimalkan pengeluaran dengan program BOSQUE. Jika penjualan naik, pendapatan pun akan naik, sehingga akan berdampak positif bagi kondisi keuangan perusahaan.
“BOSQUE memiliki 13 program, yakni ; 3 program kolaborasi, 6 program inovasi, 2 program quality, dan 2 program efisiensi. Sedangkan program keempat adalah meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dan ke depan semua pelayanan akan berbasis teknologi informasi (IT).
PLN UP3 Pematang Siantar mencakup sepuluh wilayah kerja yakni: Tebing Tinggi, Indrapura, Lima Puluh, Perdagangan, Tanjung Tiram, Kisaran, Tanah Jawa, Pematang Raya, Prapat dan Siantar Kota. Di dalamnya didukung oleh 334 personel yang terdiri dari 22 tim yang bekerja dengan roda empat, 24 tim reaksi cepat dengan kendaraan roda dua.(*)
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id