Tugumalang.id – Bisnis fashion dan kuliner milik Dessy Prayogo, pengusaha muda asal Kota Malang, mampu menembus pasar hingga ke Pulau Bali. Mampu membaca peluang menjadi kunci utama kesuksesannya hingga bisa meraup keuntungan puluhan juta tiap bulan.
Di usianya yang masih 29 tahun, Dessy sudah memiliki sejumlah usaha sendiri. Dia menceritakan awal perjalanannya menjadi seorang pengusaha. Latar belakangnya yang memang menyukai dunia fashion membuatnya terdorong untuk berjualan pakaian wanita secara online pada tahun 2016 lalu.
Dessy mengungkapkan bahwa seorang pebisnis harus mampu membaca peluang. Kecenderungan seorang wanita yang mudah bosan dengan gaya fashion menjadi peluang pertamanya yang sukses dieksekusi.

“Cewek itu gampang bosen soal pakaian, cewek cenderung tak mau pakai pakaian itu-itu saja. Maka dia akan belanja mencari sesuatu yang baru. Itu target pasar saya,” bebernya.
Bisnis fashion milik Dessy akhirnya mampu berkembang hingga saat ini. Dia mengatakan, pemilihan tren fashion juga harus terus di update. Produk fashionnya yang diberi nama Lets Dress Up kini mengimpor pakaian asal Amerika yang kemudian dijual dengan harga terjangkau.
“Saya jual busana wanita seperti gaun pesta hingga busana casual. Semua impor dari Amerika, memang desainnya jarang ada di Indonesia, tapi harganya miring,” ucapnya.
Melalui bisnis fashion itu, pengusaha muda yang tinggal di Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, ini mampu meraup omzet puluhan juta per bulan dari ribuan baju yang terjual.
Sukses dengan usaha fashion, Dessy kemudian melebarkan sayap usahanya di bidang kuliner. Dia mengembangkan usaha kuliner itu hingga ke Pulau Bali. Menurutnya, Bali merupakan pasar yang memiliki potensi konsumen besar.
Dia juga melakukan inovasi pada usaha kulinernya itu dengan mengembangkan konsep kuliner kaki lima dengan sajian kuliner ala Jepang dengan harga terjangkau. Perpaduan konsep itu mampu mendatangkan konsumen lokal dan wisatawan mancanegara yang ada di Bali.
Tak berhenti di situ, Dessy yang memiliki background pendidikan pariwisata itu, baru saja membuka usaha baru ELA! x ABSOLUTEA. Usaha yang baru dibuka pada 2 Juli lalu ini, menawarkan minuman dan makanan ringan aneka donat.
“Saya selalu belajar dari temen-temen bisnis saya. Saya juga belajar otodidak. Ketika memulai usaha, tentu kita harus mengetahui target market produk kita. Kemudian juga perlu mengidentifikasi kelebihan produk yang kita punya,” tandasnya.
Reporter: M Sholeh
Editor: Lizya Kristanti
—
Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugumalangid , Facebook Tugu Malang ID ,
Youtube Tugu Malang ID , dan Twitter @tugumalang_id