Tugumalang.id – Berakhirnya event Jatim Media Summit yang digelar pada 24-25 Mei 2023 yang dihadiri sekitar 130 media dari Jawa Timur, menghasilkan beberapa rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti oleh para pemilik media.
Rekomendasi tersebut dihasilkan dari beberapa konferensi yang menghadirkan Dewan Pers, Pemerintah Provinsi dan Akademisi. Rekomendasi juga menjadi bagian dari beberapa workshop yang menghadirkan para ahli di bidang media.
Lewat data dewan Dewan Pers, setidaknya terdapat 132 media di Jawa Timur dari total 1.732 media di Indonesia. Dalam perbandingan, artinya 1 di antara 15 media di Indonesia berada di Jatim. Jumlah ini belum termasuk adanya biro dan kantor media di Jatim.
Besarnya jumlah media di Jatim ini menunjukkan perkembangan bisnis media yang besar dan menggambarkan kedinamisan bisnis media. Potensi pasar media di Jatim berada di urutan kedua setelah Jabodetabek.
Walau begitu, besarnya jumlah media belum selaras dengan kapasitas dan kemampuan bisnis serta manajemen.
Oleh karena itu, para pemilik dan perwakilan media serta berbagai pihak yang turut hadir telah merumuskan beberapa rekomendasi Jatim Media Summit 2023 berikut ini.
Baca Juga: AMSI Gelar Indonesia Digital Conference dan AMSI Award 2022
1. Jawa Timur merupakan daerah Provinsi Kedua setelah DKI Jakarta dalam perekonomian dan jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi dalam pemanfaatan konten media digital terdapat jarak yang sangat jauh, Jakarta 170 juta, sedangkan Jawa Timur hanya 5 juta saja.
2. Untuk memperpendek jarak tersebut, dibutuhkan kolaborasi antara media dan stakeholder untuk membangkitkan pemanfaatan konten digital di Jawa Tinur. Para stakeholder itu antara lain; Kalangan swasta termasuk BUMN/BUMD, Kampus, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota/Kabupaten di Jawa Timur serta pihak lainnya.
3. Media digital Jawa Timur menghadapi tantangan terkait konten, bisnis, teknologi, distribusi, hingga keberlangsungannya.
4. Solusi dalam menghadapi tantangan itu adalah kolaborasi. Sehingga media Jawa Timur bisa naik kelas dan mendekati media-media berbasis di Jakarta.
5. Bentuk kolaborasinya meliputi dukungan pada aspek teknologi, konten, distribusi, monetisasi, hingga model bisnisnya. Kolaborasi dukungan dari para stakeholder ini dilakukan secara terpadu dan terintegrasi dalam sebuah program besar yang meliputi, workshop bisnis media, pendampingan, hingga dukungan teknologi.
Kelima rekomendasi tersebut dapat menjadi acuan bagi para pemilik media di Jatim. Baik media rintisan maupun media yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun. Harapannya, rekomendasi Jatim Media Summit 2023 akan membawa dampak positif dan membawa media di Jatim naik kelas.
Penulis: Imam A. Hanifah
Editor: Herlianto. A