Sunday, July 3, 2022
Tugumalang.id
No Result
View All Result
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan
No Result
View All Result
Tugu Malang ID
No Result
View All Result
Home Catatan Aqua Dwipayana

Terus Berbuat Baik, Cuekin Mereka yang Nyinyir

Redaksi by Redaksi
July 26, 2021 7:15 am
in Aqua Dwipayana
Catatan Aqua Dwipayana, curhat

Dr Aqua Dwipayana

Share WhatsappShare FacebookShare Twitter

Aqua Dwipayana*

Selama pandemi Covid-19 ini kesempatan untuk berbuat baik kepada sesama terbuka selebar-lebarnya. Melakukannya pada banyak orang, baik yang dikenal maupun tidak. Perbuatan itu mulia sekali apalagi jika diniatkan sepenuhnya ibadah, karena TUHAN, bukan yang lain.

READ ALSO

Teladan Kebajikan Dr Aqua Dwipayana, Menghormati Orang tua Temannya Seperti Orang tua Sendiri

Pagi dari Padang, Sorenya Dr Aqua Dwipayana Langsung Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor

Banyak sekali perbuatan baik yang bisa dilakukan selama pandemi Covid-19, sebab sangat banyak orang yang membutuhkan pertolongan. Tidak semata-mata materi, tapi bisa juga wujud yang lain.

Jadi yang dapat berbuat baik selama pandemi Covid-19 tidak hanya mereka yang punya materi, tetapi dapat dilakukan setiap orang. Asal ada kemauan untuk melakukan itu. Semuanya diawali dari niat dan hati yang bersih.

Mereka yang memiliki materi cukup bahkan lebih, saat pandemi Covid-19 ada yang butuh penguatan dan motivasi dari orang lain. Apalagi ketika kondisinya susah.

Ada yang sedang terbaring di rumah sakit karena terpapar Covid-19. Ada juga yang bisnisnya terpuruk. Tidak ada pemasukan sama sekali. Bahkan pengeluarannya yang banyak dan terus-menerus.

Mereka butuh orang lain untuk menyalurkan curahan hatinya. Menyimak unek-uneknya hingga mereka puas menceritakan ganjalan dalam hati dan pikirannya.

Orang yang mau menyimak semua keluhan mereka, sama dengan memberikan obat. Nilainya mahal sekali. Seluruhnya tersalurkan sehingga mengurangi beban hati dan pikirannya.

Apalagi jika orang yang menyimak itu kemudian mampu menenangkan dan menyenangkan hati mereka yang sedang sakit. Semua kalimat yang disampaikan menyejukkan. Memotivasi buat memberi harapan.

Membuka Saluran Komunikasi
Saat ini, banyak orang yang membutuhkan orang lain untuk mau dengan serius dan sungguh-sungguh menyimak keluhannya. Membuka saluran komunikasi buat penyampaian unek-uneknya.

Jika kita bisa melakukannya, laksanakanlah. Tidak ada ruginya. Untungnya banyak sekali. Salah satunya bisa membahagiakan dengan membuat hati dan pikiran orang yang sedang susah jadi plong.

Mereka yang dibantu pasti senang sekali. Beban berat di hati dan pikirannya jadi berkurang. Mereka akan merasa berhutang budi seumur hidup pada semua orang yang pernah membantunya.

Di saat kondisinya kritis dan krisis, TUHAN mengirimkan “malaikat” yang wujudnya manusia untuk membantunya. Meringankan penderitaannya.

Di sisi lain, saat kita berbuat baik, mungkin ada yang nyinyir. Jumlahnya tidak banyak. Hanya satu dua orang. Minoritas.

Meskipun yang kita dilakukan positif – membantu banyak orang meringankan beban penderitaan mereka – ada saja komentar miring. Melihat dari sudut pandang yang berbeda dan negatif.

Biasanya yang komentar negatif orangnya itu-itu saja. Memang sudah karakter mereka dari sananya.

Rezekinya Seret
Selama pandemi Covid-19 dan setelah ini, orang-orang nyinyir itu tidak usah ditanggapi. Jangan buang-buang energi menanggapi mereka.

Anggap saja seperti anjing menggonggong kafilah berlalu. Jadi apapun yang disampaikannya biarkan saja. Tidak perlu ditanggapi. Lama-lama mereka bakal kelelahan sendiri.

Orang-orang yang karakternya seperti ini perlu dikasihani. Dari waktu ke waktu mereka mempersempit ruang geraknya sendiri.

Akibat ulah negatifnya, selain dosanya selalu bertambah, temannya pasti berkurang. Seiring dengan itu rezekinya seret.

Mereka baru sadar ketika TUHAN memberi cobaan. Saat butuh bantuan orang lain, bakal susah mendapatkannya. Di samping malu menyampaikannya karena (mungkin) pernah menyakiti orang yang akan dimintai bantuan, juga belum tentu dibantu.

Belajar dari semua hal di atas, selama pandemi Covid-19 adalah momentum yang sangat besar dan terbuka lebar untuk membantu banyak orang sesuai kemampuan masing-masing. Jika menemukan orang yang nyinyir atas perbuatan baik yang dilakukan, cuekin saja. Sedetikpun jangan membuang waktu untuk menanggapi mereka.

Semoga semakin banyak orang yang bisa dibantu untuk meringankan beban mereka. Aamiin ya robbal aalamiin…

>>Dari Bogor sambil mengambil hikmah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Jawa-Bali hingga Senin, 2 Agustus 2021 yang disampaikan Presiden Jokowi, saya ucapkan selamat membantu sesama dengan ikhlas. Salam hormat buat keluarga. 21.05 25072021😃<<<

*Motivator Nasional dan Penulis Buku Trilogi The Power of Silaturahim

Tags: Aqua Dwipayana

Related Posts

Aqua Dwipayana
Aqua Dwipayana

Teladan Kebajikan Dr Aqua Dwipayana, Menghormati Orang tua Temannya Seperti Orang tua Sendiri

2 July 2022
padang
Aqua Dwipayana

Pagi dari Padang, Sorenya Dr Aqua Dwipayana Langsung Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor

24 June 2022
motivator nasional
Aqua Dwipayana

Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Mendadak Diundang Berbicara di Bank Mandiri Padang

21 June 2022
Diskusi antar sahabat
Aqua Dwipayana

Saling Membahagiakan, Tak Terasa Diskusi Sekitar Lima Jam

18 June 2022
Catatan Aqua Dwipayana, curhat
Aqua Dwipayana

Menikmati Layanan Terbaik di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang

17 June 2022
silaturahim
Aqua Dwipayana

Hasil Silaturahim Kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Sepakat Laksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi

13 June 2022
Next Post
Marketing, jualan

Marketing Kesusu, Grusa Grusu!

BERITA POPULER

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya Terima 5.160 Mahasiswa SBMPTN 2022, Dua Prodi Ini Sepi Peminat

24 June 2022
wagir

Pria di Wagir Tusuk Anak dan Istri

2 July 2022
ronaldinho

Persik Kediri Kembalikan Piala Trofeo Ronaldinho

30 June 2022
Mayat

Heboh Kabar Ada Pasangan di Kota Malang Lompat dari Jembatan, Warga Temukan Mayat di Sungai

28 June 2022
porprov jatim

Update Perolehan Medali Porprov Jatim VII 2022, Kota Malang Merangsek ke Posisi 2

28 June 2022

PILIHAN EDITOR

penulis

Penulis 5 Buku tentang Soekarno Bedah Pemikiran Putra Sang Fajar

30 June 2022
puan maharani

Puan Maharani Beberkan 3 Peristiwa Penting Terkait Bung Karno di Bulan Juni

30 June 2022
bung karno

Pemikiran Besar Bung Karno Harus Dimiliki Generasi Muda

30 June 2022
penulis buku

Penulis Buku, Nurani Soyomukti Bakal Kupas Ideologi Pancasila Soekarno

28 June 2022

BISNIS

simirah
Bisnis

Simirah, Aplikasi Wajib Bagi Pedagang Minyak Goreng Curah

by Redaksi
3 July 2022
0

Tugumalang.id - Pedagang minyak goreng curah wajib mendaftarkan diri di aplikasi Simirah (Sistem Informasi Minyak Goreng Curah) 2.0 per tanggal...

Read more
sandiaga uno

Sandiaga Uno Tawarkan Solusi Bisnis Minuman Kekinian

30 June 2022
susu sapi

Produksi Susu Sapi di Ngantang Merosot Drastis Akibat Wabah PMK

23 June 2022

Portal berita Tugu Malang (tugumalang.id) merupakan perusahaan media siber di bawah naungan PT Tugu Media Komunikasindo

Ikuti Kami

Navigasi Site

  • Kode Etik
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Tentang Kami
  • Kontak Kami
  • Form Pengaduan
  • Pedoman Media Siber

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Asli Malang
  • Bisnis
  • Pendidikan
  • Wisata
  • Budaya
  • Entertainment
  • Olahraga
  • Tugu TV
  • Catatan

© 2021 Tugu Media Group - All Right Reserved Tugu Malang ID.