MALANG – Dalam rangka implementasi Pengabdian Masyarakat oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma), menggelar Workshop untuk meningkatkan kemampuan entrepreneurship dan digital siswa SMK agar memiliki kompetensi dan siap pakai di dunia kerja.
Acara yang diikuti 40 siswa SMK NU Darul Hikam Karanggeneng Lamongan ini, bertempat di Meeting Room FEB UNISMA lantai 1 dan Studio Digital Marketing & Entrepreneruship FEB UNISMA pada 13 Januari 2022.
Acara yang menghadirkan narasumber Dosen yaitu Nur Diana SE, MSI ( Ketua ) dan Dr Ridwan Basalamah SE, MM dan tim Media Creative FEB UNISMA Fico Abiyu ini, memberikan materi tentang entrepeneurship di Era Digital dan Digital Marketing.
Kegiatan workshop yang bertujuan untuk mengenalkan siswa SMK atau kaum milenial yang tengah berproses dan diharapkan mampu bersaing menghadapi era ekonomi digital.
Generasi muda millenial ini juga nantinya akan diperkenalkan kepada pasar digital tim pengabdian masyarakat FEB UNISMA rangka menjalankan Revolusi Industri 4.0.
Dalam paparannya Nur Diana menyampaikan bahwa perkembangan teknologi digital saat ini memberi beragam manfaat untuk mengasah daya kreativitas kaum millenial.
Lebih Lanjut Diana menjabarka pentingnya membangun semangat entrepreneur sejak dini. Para pebisnis pemula, apalagi di kalangan pelajar perlu memperkuat diri dengan pondasi bisnis. Niat yang kuat, passion yang prospektif, komitmen dalam belajar serta mencari jejaring adalah basic bisnis yang wajib dimiliki.
”Selain itu mereka perlu memiliki energi positif, menggali insight baru, percaya diri, mampu bersaing, tangguh, produktif agar memberikan dampak untuk masyarakat di sekitarnya,” katanya.
Diana juga memaparkan tentang dampak transformasi digital yang telah menggeser sektor bisnis ke era digital entrepreneuship.Menurutnya transformasi digital mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi.
”Salah satu perubahan perilaku masyarakat dalam ekonomi pada masa pandemi Covid-19 ini adalah perubahan terhadap preferensi masyarakat dalam melakukan aktivitas bisnis termasuk kegiatan transaksi belanja,” jelasnya.
Sementara itu Dr Ridwan Basalamah menyampaikan literasi digital memegang peranan penting dalam agenda transformasi digital nasional. Kemampuan sumber daya manusia akan berpengaruh terhadap bagaimana mereka menggunakan ruang digital.
”Generasi milenial merupakan generasi yang melek teknologi. Mereka diharapkan mampu menggunakan internet untuk hal yang positif terutama mendukungnya dalam membangun rintisan usaha.” katanya.
Dia berharap pemanfatan teknologi digital mendukung prospektif dalam berbisnis. Banyak sekali fitur-fitur dan tools pada google yang selama ini tidak dimanfaatkan secara optimal.
Acara dilanjutkan dengan sesi praktik bertempat di studi digital marketing & entrepreneurship (SME). Dipandu Fico Abiyu dan Nabila Salsabila yang tergabung dalam Media creative FEB UNISMA.
editor: jatmiko