Tugumalang.id – Penggunaan media sosial menjadi satu hal yang diperbincangkan memasuki tahun 2023 ini. Ada beberapa media sosial yang diprediksi akan di booming di tahun ini.
Prediksi keunggulan dari beberapa media sosial ini tidak terlepas dari tren yang ada di masyarakat dan kecenderungan pertumbuhan ekonomi nasional.
Berikut ini diulas beberapa media sosial yang diprediksi akan booming di tahun 2023 ini.
1. TikTok
Aplikasi yang rilis sejak 2016 ini menjadi sangat fenomenal di 2 tahun terakhir ini. Tak dipungkiri juga, di tahun 2023 akan tetap menjadi aplikasi favorit bagi kalangan muda maupun dewasa.
Dengan fitur yang terus diperbarui mulai dari video yang sifatnya hanya menghibur, saat ini TikTok sudah bisa membuat peluang jual beli atau mempromosikan sesuatu lewat unggahan video.
2. Social Commerce
Penggunaan berbelanja online sudah polular dan banyak sekali yang tertarik dengan fenomena ini. Dengan tujuan penggunaan yang memanjakan pengguna melalui kegiatan jual beli lewat aplikasi, social commerce sudah berhasil di bidang jual beli online di tahun ini.
Mulai dari aplikasi TikTok Shop, Facebook Shop, hingga Instagram Shop sekarang bisa menjadi wadah social commerce. Berbelanja dengan banyak pilihan promo dan bisa melihat penilaian dari barang yang akan dibeli, mempermudah bagi peminat berbelanja.
3. Instagram
Aplikasi ini masih menjadi favorite bagi masyarakat khususnya konten kreator. Dengan banyaknya fitur unggulan terbaru Instagram menjadikannya masih disorot berbagai brand sebagai wadah promosi.
Fitur terbaru dari Instagram seperti Reels menjadi daya tarik baru bagi pengguna Instagram yang lebih dari 1,5 miliar.
Fitur Instagram Reels yang tak hanya berisi edukasi, promosi, fitur ini menjadi wadah bagi konten kreator berbagai kegiatan menarik dari mereka. Dan, hal ini yang membuat naiknya brand yang dimiliki atau yang dipromosikan.
4. Aplikasi Film Legal
Menonton film atau series sudah mulai digemari saat awal pandemi Covid-19. Itu karena lockdown yang harus dilakukan membuat masyarakat mencari hiburan di rumah. Akibatnya semakin banyak aplikasi maupun website resmi yang menyajikan film.
Tersedianya fitur yang mempermudah dan membuat nyaman pengguna, seperti berlangganan agar lebih hemat dan pastinya bisa memilih film atau series dalam negeri maupun luar negeri secara bebas. Hal ini yang akan membuat aplikasi-aplikasi seperti Netflix, Disney+ Hotstar, VIU, WeTV dll masih akan digemari hingga tahun 2023.
5. Aplikasi Customer Service
Fitur teknologi kali ini berperan penting dalam meningkatkan layanan pelanggan suatu usaha kecil, usaha menengah sampai perusahaan besar.
Kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi ini menjadi pilihan pebisnis agar dapat mempertimbangkan keputusan dari hasil yang masuk dari pelanggan usaha mereka.
Dengan adanya teknologi baru para pebisnis yang ingin meningkatkan kualitas perusahaan mereka akan mempermudah tugas dari customer service untuk melayani pelanggan. Maka, hal ini akan membuat layanan aplikasi custumer service akan sangat berguna di era sekarang hingga mendatang.
Penulis: Rizky Oktiawati
Editor: Herlianto. A